Apa itu ChatGPT dari OpenAI dan cara menggunakannya

 · 

 · 

7 mins read

notion-image
Apakah kamu pernah mendengar tentang ChatGPT? Sering dengar tapi masih belum tahu? Tidak perlu bingung, kali ini kita akan mengenal lebih dekat apa itu ChatGPT dari OpenAI, manfaatnya, dan kenapa semua orang heboh membicarakannya. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian apa itu OpenAI ChatGPT ?

OpenAI ChatGPT adalah singkatan dari Chat Generative Pre-trained Transformer. Terdengar rumit, ya? Tapi tenang, saya akan menjelaskannya dengan bahasa yang lebih sederhana.
ChatGPT adalah salah satu produk kecerdasan buatan (AI) canggih yang bisa membantu kita dalam berbagai hal, mulai dari memberi ide, menulis teks hingga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan dalam bentuk chatting.
notion image
Bayangkan saja ChatGPT adalah seorang manusia yang sangat pintar punya keahlian di SEMUA BIDANG dan siap membantu kamu 24 jam dalam bentuk informasi dan ide.

Kecerdasan Buatan (AI) itu apa ?

Ohiya kita mundur sedikit, untuk kamu yang belum familiar dengan apa itu kecerdasan buatan alias AI (Artificial Intellegence).
Kecerdasan buatan, atau yang sering disebut AI (Artificial Intelligence), adalah teknologi yang diciptakan untuk membuat komputer atau mesin bisa berpikir dan belajar seperti manusia.
Dengan AI, mesin dapat menyelesaikan masalah, mengenali pola, dan bahkan berkomunikasi dengan kita. Intinya, AI diciptakan untuk membantu mempermudah kehidupan kita dalam berbagai hal, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.
Nah, AI itu ilmu bidang yang luas. ChatGPT adalah salah satu implementasinya teknologi artificial intelligence.
notion image

Kenapa ChatGPT begitu viral ?

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih ChatGPT ini heboh sekali? Ada beberapa alasan nih:

1. Kemudahan dalam Berkomunikasi:

ChatGPT bisa memahami bahasa yang kita gunakan sehari-hari dan menjawabnya dengan kalimat yang mudah dimengerti. Jadi, ngobrol dengan ChatGPT itu serasa ngobrol dengan teman! Kalau kamu tidak suka dengan nada bicara tersebut, kamu bisa memberitahu dia untuk menggunakan berbagai bahasa atau tone yang kamu mau, seperti berbicara dengan formal atau santai.

2. Membantu Pekerjaan Sehari-hari:

ChatGPT bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti membantu menulis artikel, menjawab email, atau bahkan memberikan ide-ide kreatif. Ini pasti memudahkan pekerjaan kita, kan? Kalau sebelumnya teknologi heboh seperti ini terlihat sesuatu yang hanya bisa dirasakan oleh ahli teknologi, sekarang tidak lagi! ChatGPT bisa digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh orang awam sekalipun.

3. Selalu Siap Membantu:

ChatGPT ini selalu ada untuk kamu, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jadi, kapanpun kamu membutuhkan bantuan, ChatGPT siap membantu. Berbeda dengan bantuan manusia yang perlu tidur dan makan :P.

4. Terus Berkembang:

ChatGPT terus diperbarui dan dikembangkan oleh para ahli, sehingga kualitas dan kemampuannya semakin meningkat. Jadi, kita bisa menikmati teknologi AI yang semakin canggih.

5. Mudah Digunakan:

Kamu nggak perlu jago teknologi untuk menggunakan ChatGPT. Tinggal ketik pertanyaan atau perintah yang kamu inginkan, dan ChatGPT akan segera meresponnya. Sama seperti ketika chat orang di WhatsApp !
notion image

Bagaimana cara Menggunakan ChatGPT ?

Kamu butuh membuat "akun OpenAI" untuk login ke ChatGPT dan mulai menggunakannya.
Silahkan ke link login Chat OpenAI ini, dan mendaftar dengan gratis. Lalu bisa memulai chat untuk mulai obrolan.
notion image
Setelah berhasil masuk, silahkan tanyakan apa saja! mulai dari:
\- bagaimana resep membuat rendang
\- atau fakta seperti "siapa pemenang world cup 2020" dan seterusnya.
Kamu juga bisa pelan pelan tanyakan yang berhubungan dengan pekerjaan kamu. Misalnya kamu seorang penulis dan ingin mencoba rasanya menulis dengan AI , kamu bisa menulis:
\- Tolong berikan saya sebuah artikel tentang "pentingnya kebersihan di ibukota".
Silahkan coba semau kamu! selama tidak melanggar aturan yang berlaku.

Apa contoh hal yang bisa kamu lakukan dengan ChatGPT ?

ChatGPT adalah model kecerdasan buatan yang fleksibel dan powerful, yang dapat melakukan berbagai tugas berhubungan dengan teks (spoiler: versi terbaru dari ChatGPT akan mulai menggunakan gambar juga!). Berikut adalah beberapa contoh hal yang bisa kamu lakukan dengan ChatGPT:
  1. Menjawab pertanyaan umum:
    1. ChatGPT dapat menjawab pertanyaan seputar sejarah, sains, geografi, teknologi, dan topik lainnya.
  1. Bantuan belajar:
    1. ChatGPT dapat membantu menjelaskan konsep atau teori dalam berbagai bidang seperti matematika, kimia, fisika, dan lain-lain.
  1. Konseling karier:
    1. ChatGPT dapat memberikan saran karier, membantu mengevaluasi pilihan pekerjaan, atau memberikan informasi tentang berbagai profesi.
  1. Kreatif menulis:
    1. ChatGPT dapat membantu menulis cerita pendek, puisi, atau naskah. Menulis esai panjang pun bisa!
  1. Ide brainstorming:
    1. ChatGPT dapat membantu menghasilkan ide untuk proyek, bisnis, atau inovasi.
  1. Terjemahan bahasa:
    1. ChatGPT dapat membantu menerjemahkan teks antara berbagai bahasa.
  1. Bantuan teknis:
    1. ChatGPT dapat membantu dalam mengatasi masalah teknis atau memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasi masalah perangkat lunak atau perangkat keras.
  1. Rekomendasi:
    1. ChatGPT dapat memberikan rekomendasi untuk film, buku, musik, atau acara TV berdasarkan minat dan preferensi kamu.
  1. Resep masakan:
    1. ChatGPT dapat menyediakan resep masakan atau memberikan ide untuk hidangan yang akan kamu buat.
  1. Penyuntingan dan pengecekan teks:
    1. ChatGPT dapat membantu menyunting dan memeriksa ejaan, tata bahasa, dan gaya dalam teks yang kamu tulis.
Perlu dicatat bahwa meskipun ChatGPT dapat melakukan banyak tugas, model ini tidak sempurna dan terkadang dapat memberikan informasi yang salah atau tidak akurat. Selalu lakukan verifikasi dan pertimbangan lebih lanjut sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi dari ChatGPT.

Tips membuat prompt ChatGPT

Membuat prompt yang efektif untuk ChatGPT bisa membantu Anda mendapatkan jawaban yang lebih baik. Berikut adalah beberapa tips:

1. Jelaskan Konteks

ChatGPT menghasilkan jawaban berdasarkan informasi yang diberikan dalam suatu sesi percakapan. Jika Anda memiliki pertanyaan yang kompleks atau memerlukan pengetahuan tentang konteks tertentu, pastikan untuk menyertakan detail tersebut dalam prompt Anda.

2. Spesifikasi

Jika Anda mencari jawaban spesifik, usahakan untuk membuat pertanyaan Anda sejelas dan sespesifik mungkin. Misalnya, alih-alih bertanya "Apa itu AI?", Anda mungkin bertanya, "Bagaimana cara kerja algoritma belajar mesin dalam AI?".

3. Format Pertanyaan Anda dengan Baik

Pastikan pertanyaan Anda ditulis dengan jelas dan tata bahasa yang benar. Ini membantu ChatGPT memahami apa yang Anda tanyakan dan memberikan jawaban yang lebih akurat.

4. Pertanyaan Langsung

Jika Anda memiliki pertanyaan langsung, tanyakan langsung. Misalnya, alih-alih membuat pernyataan dan berharap ChatGPT memahami apa yang Anda cari, lebih baik untuk mengajukan pertanyaan secara langsung.

5. Menggunakan Instruksi Eksplisit

Jika Anda menginginkan jawaban dalam format atau gaya tertentu, sebaiknya berikan instruksi eksplisit. Misalnya, jika Anda ingin daftar atau ringkasan, mintalah itu secara spesifik.
Ingatlah bahwa kualitas dan kejelasan prompt Anda dapat sangat mempengaruhi kualitas dan kegunaan jawaban yang Anda dapatkan.

Berapa harga berlangganan ChatGPT ?

ChatGPT dari OpenAI, bisa kamu gunakan dengan gratis. Dengan batasan kuota atau kecepatan.
Sementara kalau kamu ingin menggunakannya secara professional bisa berlangganan sebesar $20 USD per bulan atau sekitar 300 ribu rupiah (tergantung kurs ya!). Disebut sebagai ChatGPT plus.

Apakah kamu merekomendasikan ChatGPT ?

Iyap! saya sangat merekomendasikannya. Ia bisa membantu berbagai macam pekerjaan, mencari ide, dan lainnya.
Saya pribadi seorang programmer/developer dan sudah menggunakannya di kehidupan sehari hari untuk bantu saya membuat program. Jangan tunggu lagi! coba sekarang deh.

Apa itu model GPT 3, model GPT 3.5 dan model 4?

Ini dalah berbagai versi atau model yang dimiliki oleh ChatGPT, semakin tinggi angkanya, ia mewakili perkembangannya.
Biasanya versi terbaru lebih lambat namun lebih cerdas dalam menjawab pertanyaan atau berargumen. Tapi tentunya, seiring waktu kecepatan dari model-model terbaru, termasuk ChatGPT 4 akan terus ditingkatkan.
Pada saat ingin mencoba aplikasinya, kamu juga ditawarkan untuk memilih model sesuai kebutuhan kamu.

Siapa orang atau perusahaan dibalik ChatGPT / OpenAI ?

ChatGPT dibuat oleh perusahaan bernama OpenAI. OpenAI melabeli diri mereka sebagai "AI research and deployment company." yang punya misi "membawa artificial intellegence (AI) menguntungkan untuk semua ummat manusia".
Sejauh ini Open AI sudah punya beberapa produk seperti:
\- ChatGPT (untuk text dan general purpose)
\- Dall E 2 (untuk menghasilkan gambar dari text)
\- Whisper (untuk menerima suara dan mengubahnya ke text)
Mereka juga tentu punya lembaga keamanan (etikal) untuk memastikan AI ini tidak disalahgunakan. Baca di https://openai.com/safety-stan...
Di awal berdiri, ada nama nama besar pada board member seperti Sam Altman dan Elon Musk.

Aplikasi ChatGPT

ChatGPT itu sendiri adalah sebuah aplikasi chat yang bisa kamu pakai langsung. Tapi ia juga bisa dikembangkan lebih jauh lagi, banyak aplikasi yang membangun "aplikasi" di atas ChatGPT. Seperti:
Github Copilot \- untuk membantu programmer ngoding
WarungCopy \- untuk membantu menulis konten berbahasa Indonesia dengan AI
dan masih banyak lagi tentunya!

Kelebihan dari ChatGPT

Ini dia beberapa kelebihan dari aplikasi ini:
  1. Kemampuan Mengolah Bahasa alami: ChatGPT dirancang untuk memahami dan merespon dalam berbagai bahasa manusia, memungkinkannya untuk berkomunikasi secara efektif dan natural.
  1. Dapat Bekerja 24/7: Sebagai AI, ChatGPT bisa berfungsi setiap saat, yang berarti pengguna dapat berinteraksi kapan saja sesuai dengan kebutuhan mereka.
  1. Pembelajaran Mesin: Berdasarkan teknologi GPT, ChatGPT belajar dari berbagai sumber data dan terus meningkatkan kemampuannya dalam merespon dan memahami pertanyaan.
  1. Aplikasi luas: ChatGPT dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti customer service, edukasi, penelitian, dan banyak lagi.
  1. Neutralitas: Karena AI tidak memiliki emosi atau pendapat pribadi, responsnya bersifat netral dan berdasarkan data dan informasi yang telah dipelajarinya.

Kekurangan dari ChatGPT

ChatGPT tentu tidak sempurna, berikut beberapa kelemahan alias kekurangannya
  1. Pemahaman Konteks: Meskipun ChatGPT sangat canggih, ia masih mungkin salah memahami konteks atau nuansa tertentu dalam percakapan manusia.
  1. Kreativitas dan Empati: Meski AI dapat mensimulasikan percakapan yang tampak empatik dan kreatif, ia tidak benar-benar memiliki kemampuan empati atau kreativitas seperti manusia.
  1. Kesalahan Pengetahuan: Jika informasi yang digunakan untuk melatih model ini salah atau bias, maka jawaban yang diberikan oleh ChatGPT mungkin juga salah atau bias.
  1. Keterbatasan Pengetahuan: Pengetahuan ChatGPT dibatasi oleh data yang telah dipelajarinya hingga titik waktu tertentu (untuk versi ini, cut-off adalah September 2021), dan ia tidak dapat memperbarui informasi setelah periode waktu tersebut.
  1. Ketergantungan Pada Input: Kualitas jawaban yang diberikan oleh ChatGPT sangat bergantung pada kualitas pertanyaan atau informasi yang diberikan oleh pengguna. Jika pertanyaan tidak jelas atau ambigu, jawaban mungkin juga tidak akurat atau membantu.

Terima kasih sudah membaca seputar ChatGPT !

Nah, itu tadi penjelasan tentang apa itu ChatGPT, manfaatnya, dan kenapa heboh sekali sampai viral di media sosial. Semoga informasi ini bermanfaat dan membuat kamu semakin penasaran untuk mencoba ChatGPT.
Jangan ragu untuk mencoba menggunakan teknologi AI satu ini! siapa tahu ChatGPT bisa jadi teman baru yang membantu pekerjaanmu sehari-hari!
Link terkait:
TW

Team Warungcopy

View Profile