Apa Itu skill Copywriting, Manfaat dan Caranya

 · 

 · 

3 mins read

notion-image
Copywriting adalah teknik penulisan yang dirancang khusus untuk meyakinkan atau mempengaruhi pembaca agar tertarik dengan produk, jasa, atau ide yang ditawarkan.
Copywriting banyak digunakan untuk iklan, blog, laman penjualan, newsletter, e-mail marketing dan masih banyak lagi.
Salah satu kunci keberhasilan dalam copywriting adalah memahami target audiens dan mengkaji psikologi mereka. Copywriter harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, serta motivasi dari pembaca agar dapat menyampaikan pesan secara efektif.
Dengan menyusun kalimat dan narasi yang menarik dan relevan, copywriter mampu menciptakan koneksi emosional antara produk atau jasa yang ditawarkan dengan pembaca, sehingga membantu meningkatkan tingkat konversi atau kesuksesan promosi tersebut.

Apa itu Copywriter ?

Copywriter adalah penulis yang ahli dalam membuat copy atau teks yang efektif. Singkatnya, copywriter adalah orangnya.
Di bagian bawah nanti kita juga akan bahas, apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang copywriter yang handal.

Kenapa Copywriting itu Penting?

Konsumen sekarang lebih selektif dalam memilih produk atau jasa yang akan mereka beli. Oleh karena itu, perusahaan atau penjual harus membuat promosi yang menarik dan meyakinkan agar produk atau jasa mereka berhasil dipasarkan.
Dengan kata lain, peran copywriting sangat penting dalam dunia pemasaran, karena dengan copywriting yang baik, penjual akan lebih mudah menarik minat pembeli dan mengajak mereka untuk mencoba produk yang ditawarkan.

1. Meningkatkan kredibilitas produk

Copywriting yang baik bisa meningkatkan kredibilitas dan reputasi produk sehingga konsumen lebih percaya dan mau melakukan transaksi.

2. Mempengaruhi emosi pembeli

Copywriting yang efektif mampu mempengaruhi emosi pembeli sehingga mereka lebih tertarik dengan produk yang ditawarkan. Baik kamu menjual produk atau jasa, semuanya akan terlihat lebih mengundang untuk dibeli.

3. Mendapatkan lebih banyak pelanggan

Copywriting yang menarik dan meyakinkan akan memikat pembaca untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan dan akhirnya mengubah mereka menjadi pelanggan yang loyal.
<Media src="https://ucarecdn.com/44637a6b-ef10-4193-8a39-e2ed4ccc7c89/" text="ilustrasi apa itu skill copywriting manfaat dan caranya" />

Apa Dasar-dasar dari Skill Copywriting?

Untuk menjadi copywriter yang handal, Kamu perlu mempelajari dan menguasai beberapa skill dasar yang akan membantu Kamu menciptakan teks atau copy yang efektif.
Berikut adalah beberapa dasar-dasar skill copywriting:

1. Kepahaman tentang target audience

Bahasa sederhananya, "mengerti siapa calon customer kamu".
Sebagai copywriter, Kamu harus benar-benar mengerti tentang target audiens yang akan dijangkau oleh produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan memahami karakteristik target audience, Kamu akan lebih mudah menyusun kata-kata yang sesuai dan menjangkau emosi mereka.

2. Storytelling atau penceritaan

Salah satu teknik copywriting yang sangat efektif adalah storytelling. Dengan menceritakan kisah yang menarik dan relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan, pembaca lebih mudah terhubung dan memahami manfaat dari produk atau jasa tersebut.

3. Penggunaan bahasa yang persuasif

Salah satu kunci dalam copywriting adalah bahasa yang digunakan. Sebagai copywriter, Kamu perlu menguasai teknik penulisan yang persuasif dan menarik sehingga pembaca tertarik dan mau mencoba produk yang ditawarkan.

4. Kreativitas:

Untuk menjadi copywriter yang sukses, Kamu harus memiliki kreativitas tinggi dalam merangkai kata-kata dan ide. Tidak jarang, copywriter harus menghasilkan konsep yang unik dan berbeda dari yang sudah ada di pasaran sehingga mereka berhasil menarik perhatian pembaca.
Tapi jangan berkata "saya tidak kreatif". Karena kreatif adalah hasil atau skill yang didapatkan dari berlatih

5. Penelitian dan analisis:

Seorang copywriter harus pintar dalam melakukan penelitian dan analisis tentang produk, pasar dan kompetitor. Dengan pengetahuan yang luas tentang produk, Kamu akan lebih mudah menciptakan copywriting yang akurat, meyakinkan dan fresh di mata pembaca.

Contoh membuat copywriting

Karena copywriting itu istilah yang luas, mungkin dipakai di landing page situs, di sebuah artikel blog atau caption di sosial media seperti twitter atau instagram. Bisa jadi satu produk yang sama bisa punya copywriting yang berbeda untuk setiap media tersebut.
Begitu juga dengan target customer/audiens, setiap orang punya gaya berbicara yang berbeda, karena itu pemahaman tentang customer, yang disebutkan di atas, sangatlah penting.
Ini contoh sederhana  copywriting "menjual sebuah sepatu lari"
"Sepatu Lari Super Cepat, murah meriah cuma Rp 100.000! Buat lari-lari atau jalan-jalan, Enak dan awet. Jangan lupa beli sekarang sebelum kehabisan, yuk buruan order!"...
Atau versi lebih panjang dan Formal
"Introducing X-Run Athletic Shoes - Kombinasi Performa dan Kenyamanan untuk Para Pelari. X-Run Athletic Shoes hadir dengan teknologi inovatif yang mendukung kebutuhan Anda saat berolahraga. Dilengkapi dengan bantalan udara yang responsif dan sistem ventilasi yang memastikan kaki tetap kering dan nyaman. Didesain khusus untuk meningkatkan stabilitas, dukungan, dan daya tahan selama berlari. Segera miliki X-Run Athletic Shoes dan rasakan perbedaan dalam setiap langkah Anda. Pesan sekarang dan nikmati promo eksklusif untuk pelanggan baru!"...
Kamu bisa lihat, sebuah produk yang sama, bisa punya bentuk copywriting yang jauh berbeda.

Kesimpulan

Copywriting merupakan teknik penulisan yang sangat penting dalam dunia pemasaran. Dengan menguasai dasar-dasar skill copywriting, Kamu akan lebih mudah menarik minat pembeli dan mengajak mereka untuk mencoba produk atau jasa yang Kamu tawarkan. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam dunia copywriting!
TW

Team Warungcopy

View Profile