Bagaimana cara menjadwalkan postingan TikTok

 · 

 · 

2 mins read

notion-image
TikTok sudah jadi salah satu media sosial terfavorit anak muda. Banyak brand besar yang mengandalkannya untuk mencapai lebih banyak orang.
Sebagai konten kreator, kita kadan capek harus memposting konten tepat pada waktunya. Karena itu tahu bagaimana cara menjadwalkan postingan tiktok di masa depan bisa membuat kita lebih produktif.

Cara mengatur jadwal posting

Saat ini teknik native ini hanya bisa dipakai saat kamu login dengan browser di komputer/laptop ke tiktok.com , belum bisa di aplikasi mobile
  1. Login sesuai username dan password
  1. Klik "upload" di tombol atas
  1. Di halaman upload, kamu akan melihat di sebelah kanan tombol "schedule video" . Aktifkan
  1. Pilih waktu di masa depan yang kamu mau
ilustrasi bagaimana cara menjadwalkan postingan tiktok

Alternatif lain, menjadwalkan dari aplikasi mobile

Untuk menjadwalkan postingan video tiktok kamu pada handphone, saat ini kamu butuh bantuan pihak ketiga. Aplikasi seperti Buffer, Hootsuite dan lainnya bisa membantu kamu mengatur jadwal postingan tiktok.

TikTok dan Content Marketing

TikTok, yang diluncurkan secara internasional pada tahun 2016 oleh perusahaan teknologi Cina ByteDance, adalah platform media sosial yang berfokus pada video kreatif dan menarik yang berdurasi pendek. Dengan durasi video berkisar dari beberapa detik hingga satu menit, TikTok telah menggabungkan hiburan, musik, tarian, pendidikan, dan banyak lagi ke dalam format yang sangat digemari oleh pengguna muda di seluruh dunia. Hingga saat ini, TikTok telah mengumpulkan lebih dari dua miliar unduhan di seluruh dunia.
Berkat formatnya yang unik dan audiens yang sangat aktif, TikTok menawarkan peluang besar untuk content marketer. Berikut beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk memanfaatkan platform ini:

1. Buat Konten yang Autentik dan Menarik

TikTok adalah platform yang sangat berorientasi pada hiburan, dan video yang paling sukses cenderung memiliki elemen kejutan, humor, atau kreativitas yang tinggi. Merek yang dapat menciptakan konten yang resonan dengan audiens TikTok, sambil tetap otentik dengan identitas merek mereka, dapat melihat peningkatan besar dalam keterlibatan dan kesadaran merek.

2. Libatkan Diri dalam Tantangan dan Trends

TikTok terkenal dengan tantangan dan trends-nya, di mana pengguna membuat video mereka sendiri berdasarkan tema atau format tertentu. Merek dapat mengambil bagian dalam tren ini atau bahkan membuat tantangan mereka sendiri untuk meningkatkan visibilitas dan keterlibatan.

3. Manfaatkan Influencer

TikTok adalah rumah bagi banyak influencer yang memiliki pengikut yang sangat terlibat. Melakukan kerja sama dengan influencer yang relevan dapat membantu merek menjangkau audiens baru dan meningkatkan kredibilitas mereka di mata pengguna TikTok.

4. Gunakan TikTok Ads

TikTok menawarkan berbagai opsi iklan, termasuk iklan In-Feed, Brand Takeovers, dan Branded Hashtag Challenges. Menggunakan iklan ini dapat membantu merek mencapai audiens yang lebih luas dan menargetkan pengguna berdasarkan berbagai kriteria.

5. Mendorong Interaksi Pengguna

TikTok adalah platform yang sangat interaktif, dan merek harus siap untuk berinteraksi dengan pengguna mereka. Ini dapat berarti merespons komentar, memposting video respons, atau bahkan melakukan live streaming.
Dalam memanfaatkan TikTok untuk content marketing, penting untuk mengingat bahwa TikTok adalah platform yang sangat berorientasi pada komunitas dan kreativitas. Merek yang dapat menghargai dan beradaptasi dengan budaya ini akan memiliki peluang terbaik untuk sukses.
TW

Team Warungcopy

View Profile