Bagaimana cara situs kamu terindeks di Google

 · 

 · 

3 min read

notion-image
Google, sebagai mesin pencari paling populer, tentunya menjadi tujuan utama bagi pemilik situs dan blogger untuk menarik pengunjung. Agar situs kamu muncul dalam hasil pencarian, tentunya kamu harus memastikan situs kamu telah terindeks oleh Google terlebih dahulu.
Singkatnya: Google biasanya bisa mendeteksi otomatis. Jika tidak, daftar ke "google search console" dan masukkan url situs serta peta situs kamu...
Normalnya google melakukan crawling setiap waktu, jika situs kamu terhubung (link) di salah satu situs lain, maka Google bisa mengindeks (menelusuri dan mempelajari situs kamu).
Tapi untuk situs baru, yang normalnya belum ada hubungan dengan situs lain bisa melakukan cara manual.
Berikut cara memastikan situs kamu terindeks di Google? ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.
Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan agar situs kamu bisa muncul di Google
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, situs Anda akan diindeks oleh Google dan mulai muncul dalam hasil pencarian. Ingatlah untuk secara rutin memperbarui dan mengoptimalkan konten Anda agar peringkat di mesin pencari meningkat.
  1. Buat akun Google:
    1. Jika Anda belum memiliki akun Google, buatlah akun terlebih dahulu. (akun gmail)
  1. Daftar ke Google Search Console:
    1. Kunjungi situs web Google Search Console ( https://search.google.com/search-console/) dan masuk dengan akun Google Anda.
  1. Tambahkan properti (tambah url kamu):
    1. Klik tombol "Tambah properti" dan masukkan URL situs web Anda, kemudian klik "Lanjutkan". Ikuti petunjuk untuk verifikasi kepemilikan situs Anda. Ada beberapa metode verifikasi yang tersedia, seperti mengunggah file HTML, menambahkan tag meta, atau menggunakan DNS.
  1. Kirimkan Sitemap:
    1. (baca seputar apa itu sitemap di bawah nanti)
      Setelah situs Anda diverifikasi, masuk ke Google Search Console dan pilih properti yang telah Anda tambahkan. Di menu sebelah kiri, klik "Sitemap" dan masukkan URL sitemap Anda (biasanya berformat seperti " https://www.example.com/sitemap.xml"). Kemudian, klik "Kirim".
      Kalau kamu belum pernah membuat sitemap, biasanya sudah ada banyak tool online , tinggal mencari "online sitemap generator" atau kalau kamu pakai website builder seperti wordpress, sudah ada pluginnya tersedia.
Cukup itu saja yang perlu kamu lakukan.  Di bawah ini beberap Penjelasan tambahan

Apa itu sitemap ?

Sitemap adalah semacam peta atau daftar yang berisi informasi tentang struktur dan konten dari sebuah situs web. Dalam bahasa yang mudah dimengerti, sitemap membantu mesin pencari seperti Google untuk lebih mudah menjelajahi, mengenali, dan mengindeks halaman-halaman yang ada di situs web Anda.
Sitemap biasanya berbentuk file XML dan mencakup informasi tentang setiap halaman, seperti URL, tanggal terakhir diperbarui, dan prioritas di antara halaman lainnya di situs Anda. Dengan memberikan sitemap, Anda memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman-halaman penting di situs Anda, terutama jika situs tersebut memiliki banyak halaman atau struktur yang kompleks.
Membuat sitemap dan mengirimkannya ke mesin pencari seperti Google melalui Google Search Console adalah langkah penting dalam proses optimasi mesin pencari (SEO) untuk membantu meningkatkan peringkat situs Anda di hasil pencarian.

Beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan yang disukai oleh Google

  1. Buat Konten Berkualitas dan SEO Friendly
Kualitas konten adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi peringkat situs kamu di Google. Buatlah konten yang menarik, informatif, dan mudah dimengerti. Selain itu, pastikan juga konten kamu SEO friendly, yaitu dengan mengoptimalisasi penggunaan kata kunci, judul, dan deskripsi yang sesuai.
  1. Perkuat Struktur dan Navigasi Situs
Struktur situs yang baik dan mudah dinavigasi akan mempermudah Google dalam menjelajahi dan mengindeks halaman-halaman di dalam situs kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan menu, kategori, dan tautan internal yang jelas dan relevan.
  1. Tingkatkan Kecepatan Loading Situs
Kecepatan loading situs juga mempengaruhi peringkat situs di Google. Situs yang lambat dalam memuat halaman akan meninggalkan kesan buruk bagi pengunjung dan berpotensi menurunkan peringkat situs di mesin pencari. Oleh karena itu, usahakan untuk meningkatkan kecepatan situs kamu dengan mengoptimalkan ukuran gambar, mengurangi jumlah plugin, dan menggunakan platform hosting yang berkualitas.
  1. Berkolaborasi dengan Situs Lain
Membangun hubungan dengan pemilik situs atau blogger lain dalam bidang yang sama bisa membantu kamu dalam memperoleh backlink yang berkualitas. Backlink adalah tautan yang mengarah ke situs kamu dari situs lain. Semakin banyak backlink berkualitas yang kamu peroleh, semakin tinggi pula peringkat situs kamu di Google.
Semoga tips tips di atas bisa membantu situs kamu segera muncul di Google! amin kalo bisa di halaman 1 :P
TW

Team Warungcopy

View Profile