CV saja tidak cukup loh! bikin surat lamaran kerja

 · 

 · 

2 mins read

Jadi, kalian udah bikin CV yang keren buat ngelamar kerja? Tapi, tunggu dulu! Jangan merasa aman dulu, ya. Ternyata CV doang itu nggak cukup buat menarik perhatian HRD, lho. Kalian juga perlu bikin surat lamaran kerja yang benar. Penasaran gimana caranya? Yuk mari!

Pahami Kebutuhan Perusahaan

Sebelum mulai nulis surat lamaran kerja, cari tahu dulu kebutuhan perusahaan. Coba deh baca-baca tentang perusahaan yang kalian incar, terutama informasi mengenai posisi yang kalian lamar. Dengan begitu, kalian bisa menyampaikan dengan jelas bahwa kalian adalah kandidat yang tepat buat posisi itu.

Tulis Alamat dan Salam Pembuka yang Tepat

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat lengkap perusahaan, tanggal, dan salam pembuka yang sopan. Misalnya, "Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD [Nama Perusahaan]". Bonus: Cari tahu nama orangnya (bias dari pembuat lowongan kerja atau cari di situs seperti LinkedIn)

Kenalkan Diri dan Ceritakan Pengalaman yang Relevan

Nah, di bagian ini kalian bisa cerita sedikit tentang diri kalian dan pengalaman kerja yang relevan. Jangan cuma sekadar menyebutkan pengalaman, tapi juga tunjukkan bagaimana pengalaman tersebut bisa bermanfaat buat perusahaan. Ingat, kalian harus meyakinkan HRD bahwa kalian adalah kandidat yang pas buat mereka.

Ungkapkan Minat dan Kelebihan Kalian

Di sini, kalian harus cerita tentang minat kalian terhadap posisi yang dilamar dan kelebihan yang kalian miliki. Jangan ragu untuk menunjukkan semangat dan antusiasme kalian. Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya. Ingat, kalian harus tetap sopan dan profesional.

Ajak Mereka untuk Wawancara

Setelah menyampaikan alasan kenapa kalian layak dipilih, ajaklah mereka untuk mengadakan wawancara. Katakan bahwa kalian siap untuk datang ke perusahaan dan membahas lebih lanjut mengenai peluang kerja tersebut. Jangan lupa, sampaikan juga terima kasih atas perhatian mereka.

Tutup Surat dengan Sopan

Terakhir, tutup surat lamaran kerja kalian dengan kalimat penutup yang sopan, seperti "Hormat saya, [Nama Lengkap]". Jangan lupa untuk menulis nama lengkap dan tanda tangan kalian di bagian bawah surat.
Mau lihat contoh? boleh di sini: contoh surat lamaran kerja yang benar. Bisa kamu baca trik lainnya dan download contohnya.
Nah, itu dia tips buat bikin surat lamaran kerja yang menarik. Jangan lupa, ya, sobat, bahwa CV aja nggak cukup. Surat lamaran kerja yang mantap akan meningkatkan peluang kalian buat dapetin pekerjaan impian untuk belajar hal baru dan bikin bikin lagi deh!
TW

Team Warungcopy

View Profile