Cara Sukses Menjadi Influencer di TikTok

Artikel ini akan memberi kamu panduan ringkas seputar apa itu influencer dan bagaimana cara sukses menjadi influencer di Tiktok.

 · 

4 min read

notion-image
TikTok merupakan salah satu media sosial paling populer belakangan ini sehingga tidak heran jika mulai banyak orang yang bercita-cita menjadi influencer di Tiktok. Apakah kamu salah satunya? Jangan khawatir! Artikel ini akan memberi kamu panduan ringkas seputar apa itu influencer dan bagaimana cara sukses menjadi influencer di Tiktok. Simak terus artikelnya sampai akhir, yuk!

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku atau pandangan orang lain melalui konten yang ia bagikan di platform media sosial. Seorang influencer umumnya memiliki basis pengikut yang besar serta sering kali dianggap sebagai ahli dalam bidang tertentu, misalnya fashion, kecantikan, traveling, otomotif, game, masak, dan berbagai bidang lainnya. Oleh karena memiliki pengaruh yang kuat, seorang influencer sering kali bekerja sama dengan perusahaan atau komunitas untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Keuntungan Menjadi Influencer

Menjadi influencer, terutama di platform Tiktok memiliki sejumlah keuntungan yang menarik. Ini dia beberapa keuntungan menjadi influencer.

Kesempatan untuk Mempengaruhi Banyak Orang

Sebagai seorang influencer, kamu memiliki kesempatan untuk mempengaruhi jutaan orang melalui konten yang kamu bagikan. Hal ini memungkinkan kamu untuk membagikan pesan atau nilai-nilai yang kamu yakini.

Pendapatan

Sudah menjadi rahasia umum, saat ini banyak influencer yang menghasilkan pendapatan substansial melalui kerja sama brand, iklan, dan sponsor konten. Tidak heran jika influencer mulai menjadi profesi yang digemari banyak orang. Hampir sebagian besar pengguna aktif media sosial punya keinginan untuk menjadi seorang influencer.

Koneksi dan Peluang Kerja

Menjadi influencer membuka berbagai peluang koneksi dan kerja sama dengan brand, agensi, dan berbagai perusahaan lainnya. Sebagai contoh, banyak brand ambassador produk kecantikan yang direkrut karena dirinya menjadi seorang influencer. Tidak hanya itu, beberapa brand ambassador tim olahraga online (e-sport) juga banyak yang direkrut karena kepopulerannya di Tiktok.

Kreativitas dan Ekspresi Diri

TikTok memberi kamu ruang untuk mengekspresikan diri dengan kreativitas tanpa batas. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengeksplorasi minat dan menemukan audiens dengan minat yang sama.

Apa Itu Tiktok? Mengapa Tiktok Sangat Potensial?

Apa Itu Tiktok?

TikTok adalah platform media sosial berbasis video yang memungkinkan kamu untuk membuat dan membagikan video pendek dengan durasi antara 15 hingga 3 menit. Platform ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti efek visual, filter, musik, dan alat pengeditan yang memungkinkan kamu untuk menciptakan konten yang menarik dan unik.
Dalam beberapa tahun terakhir, TikTok telah menjadi tempat yang populer bagi pengguna untuk mengekspresikan diri, berbagi hiburan, serta terlibat dengan komunitas global melalui tantangan, trend, dan kolaborasi. Dengan algoritma yang cerdas, TikTok dapat menyajikan konten yang disesuaikan dengan minat pengguna, menjadikannya sebagai platform yang sangat dinamis dan menghibur.

Mengapa Tiktok Sangat Potensial?

Salah satu aspek yang membuat Tiktok begitu potensial adalah format yang memungkinkan pengguna untuk membuat video singkat dengan berbagai konten kreatif seperti tarian, challenge, humor, dan tutorial. Algoritma canggih TikTok memungkinkan konten yang dibuat seorang influencer lebih cepat tersebar serta membantu jangkauan akun agar lebih luas. Selain itu, fitur-fitur kolaborasi dan hashtag yang sedang tren mempermudah influencer untuk terlibat dengan pengikut mereka. Dengan kombinasi daya tarik visual yang kuat, aksesibilitas yang mudah, dan algoritma yang cerdas, TikTok menjadi tempat yang menarik bagi para influencer untuk membangun merek pribadi dan menghasilkan pendapatan.

Cara Sukses Menjadi Influencer di Tiktok

Setelah mengetahui lebih jelas tentang apa itu influencer dan keuntungan yang bisa kamu raih dengan menjadi seorang influencer, berikutnya muncul pertanyaan: bagaimana cara untuk menjadi seorang influencer yang sukses di Tiktok? Berikut kami rangkum tujuh (7) cara sukses menjadi influencer di sosial media, terutama Tiktok.

Temukan Niche

Apa itu niche? Niche adalah istilah yang umumnya digunakan dalam konteks bisnis dan pemasaran untuk merujuk pada segmen atau pasar yang spesifik dan terbatas di dalam suatu industri atau topik tertentu. Nah dalam konteks influencer di TikTok, niche berkaitan dengan topik atau tema khusus yang menjadi fokus utama konten yang dibuat oleh seorang kreator.
Untuk menjadi seorang influencer yang sukses, kamu harus memahami apa niche yang sesuai dengan kepribadian dan ingin kamu bagikan di Tiktok. Sebagaimana kita ketahui, Tiktok menampilkan berbagai macam konten, mulai dari tarian, lip-sync, hingga tutorial dan komedi. Nah kira-kira, niche apa sesuai dengan minat dan passion kamu? Memilih niche yang spesifik akan membantu kamu membangun audiens yang setia.

Kenali Target Audiens

Setelah menentukan niche, langkah berikutnya adalah memahami siapa target audiens yang ingin kamu tuju, misalnya seperti siapa mereka? Apa minat dan preferensi mereka? Apa jenis konten yang mereka sukai? Dengan memahami audiens dengan baik, kamu dapat menciptakan konten yang lebih relevan dan menarik bagi mereka sehingga kamu bisa membangun komunitas yang lebih kuat di TikTok.

Buat Konten yang Kreatif dan Menarik

Salah satu kunci utama keberhasilan di TikTok adalah konten yang kreatif dan menarik. Gunakan fitur-fitur kreatif yang tersedia, seperti efek, filter, dan musik agar video kamu bisa dijangkau oleh lebih banyak orang atau dalam istilah Tiktok disebut FYP. Pikirkan ide-ide yang unik dan original serta jangan ragu untuk berpikir out of the box. Konten yang unik dan menarik akan cenderung mendapatkan lebih banyak like dan komen.

Konsisten dan Aktif

Konsistensi adalah kunci untuk membangun followers yang loyal di TikTok. Usahakan untuk mengunggah konten secara teratur dan konsisten sehingga followers kamu tahu kapan mereka dapat menyaksikan konten kamu. Selain itu, jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers kamu melalui komentar, like, dan stich. Semakin aktif kamu di TikTok, semakin besar kemungkinan konten-kontenmu bisa masuk FYP.

Gunakan Hashtag

Hashtag punya peran penting untuk membantu konten kamu ditemukan oleh lebih banyak orang. Lakukan riset hashtag yang relevan dengan niche yang sudah kamu pilih, lalu gunakan hashtag secara strategis dalam setiap unggahan. Jangan ragu untuk membuat hashtag yang unik agar visibilitas konten kamu di Tiktok lebih besar.

Kolaborasi dengan Pengguna Lain

Kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya dapat menjadi cara yang efektif untuk memperluas jangkauan akun dan mendapatkan followers baru. Cari pengguna lain yang memiliki minat atau niche yang serupa dengan dan ajak mereka untuk berkolaborasi dengan membuat konten bersama.

Analisis dan Evaluasi

Terakhir, penting untuk terus memantau dan mengevaluasi kinerja konten kamu di TikTok. Gunakan analisis data yang tersedia di platform Tiktok untuk melihat jumlah tampilan, suka, komentar, dan followers baru. Dari data-data itu, kamu dapat dapat mengidentifikasi konten mana yang berhasil dan yang tidak serta mengoptimalkan strategi konten kamu ke depannya.