Konten Instagram: Cari Ide dan cara membuatnya

 · 

 · 

2 mins read

notion-image
Hai! Kamu pasti udah tau dong betapa pentingnya Instagram untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan? Nah, di artikel kali ini kita akan membahas kenapa Instagram itu penting, gimana caranya menentukan ide konten Instagram, dan apa aja nih alat yang bisa kamu gunakan untuk bikin konten Instagram yang kece. Yuk, kita simak!
Cek juga:

Kenapa Instagram Penting untuk Promosi Produk atau Jasa Kamu

Ini dia alasan kenapa instagram penting untuk jadi salah satu media promosi produk atau jasa kamu
  1. Jangkauan Luas
    1. Instagram merupakan salah satu platform media sosial terbesar dengan jutaan pengguna. Dengan begitu, promosi di Instagram memungkinkan produk atau jasa kamu dikenal oleh banyak orang.
  1. Visual Menarik Instagram
    1. fokus pada konten visual, seperti foto dan video. Dengan mengemas produk atau jasa kamu dalam bentuk visual menarik, kamu bisa menarik perhatian lebih banyak orang.
  1. Interaksi dengan Pelanggan langsung
    1. Instagram memudahkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan para pengikut dan calon pelanggan. Dari sini, kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan mereka dan mengumpulkan feedback.
Setelah tahu manfaatnya, sekarang kita mulai ke langkah kongrit apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat kontenya. Mulai dari cari ide sampai alat yang kamu butuhkan.
<Media src="https://ucarecdn.com/632757be-b311-4b87-8b5e-6829bc1e3030/" text="ilustrasi konten instagram cari ide dan cara membuatnya" />

Menentukan Ide Konten Instagram

Cari ide biasanya bagian yang cukup pusing. Ini dia beberapa strategi mencari ide untuk konten instagram kamu:
  1. Tentukan Niche dan Target Audiens
    1. Pertama, tentuin dulu niche atau topik yang mau kamu bahas. Ini penting biar kamu bisa bikin konten yang relevan dan menarik buat audiens kamu.
  1. Cari Inspirasi dari Akun Lain
    1. Ikutin akun dengan niche yang sama buat dapetin inspirasi tentang konten yang lagi hits dan tren terbaru. Lihat apa yang berhasil di akun itu, terus coba adaptasi dengan gaya dan pesan unik kamu.
  1. Pantau Tren Konten dan Topik Viral
    1. Tren konten yang lagi happening bisa jadi sumber ide menarik. Pantau hashtag, challenge, atau meme yang lagi viral, terus adaptasi ke dalam konten kamu.
Saya juga mau memperkenalkan WarungCopy , dengan warung Copy kamu bisa mencari ide untuk membuat caption instagram atau ide carousel instagram yang unik untuk produk kamu dengan waktu singkat.

Alat untuk Membuat Konten Instagram

Dengan HP sendiri , kamu sudah bisa memotret atau mengambil video tanpa perlu alat professional lainnya. Di HP kamu juga bisa mengakses situs atau aplikasi yang pas untuk membuat konten instagram kamu. Salah satunya (tidak terbatas)
  1. Canva untuk gambar
    1. Canva adalah alat desain grafis yang gampang banget dipake. Disini kamu bisa bikin feed, story, dan konten IGTV yang menarik dengan berbagai pilihan template.
  1. Unsplash untuk stock foto
    1. Butuh stok foto yang gratis dan bebas berlisensi termasuk untuk komersil? coba deh di situs unsplash.com
  1. InShot/Splice untuk video
    1. Di atas adalah aplikasi buat edit video yang simpel dan lengkap. Cocok banget buat kamu yang mau bikin video promosi atau konten hiburan yang kreatif.
  1. Aplikasi Instagram
    1. Instagram itu sendiri dilengkap dengan berbagai alat edit, seperti membuat story yang lengkap dengan text, link, gambar gif, dan lainnya. Kalau kamu eksplor pasti kaget dengan lengkapnya isi dari aplikasi instagram ini
Nah, itu dia pembahasan tentang konten Instagram. Semoga dengan informasi di atas, kamu jadi lebih paham gimana caranya bikin konten Instagram yang oke dan menarik perhatian banyak orang. Selamat mencoba!
TW

Team Warungcopy

View Profile