Bikin produk lebih murah belum tentu solusinya

Membuat harga produk yang kamu tawarkan mungkin menggiurkan untuk banyak orang. Tapi apakah bagus untuk bisnis kamu?

 · 

1 min read

Membuat harga produk yang kamu tawarkan mungkin menggiurkan untuk banyak orang. Tapi apakah bagus untuk bisnis kamu? Sudah berkali-kali saya menaikkan harga premium untuk berlangganan "sekolahkoding". Saya tidak pernah menyesal. Saya juga belajar banyak dari para founder, kalau membuat harga lebih mahal bahkan menaikkan harga seiring waktu sering kali menjadi indikator yang baik bahwa karya atau produkmu bukanlah produk murahan. Harga murah untuk siapa? Banyak yang bangga dengan memasang tagline "kami paling murah". Sehingga orang-orang yang datang pun orang-orang yang bermental gratis atau hanya mencari paling murah. Bukan lagi mencari orang yang ingin masalahnya diselesaikan. Mencari uang untuk produkmu adalah hal yang bagus. Kalau kamu percaya dengan yang kamu bikin, maka buatlah produknya berbayar, bahkan mahal. Di sini kamu bisa mendapatkan customer-customer yang memang ingin menyelesaikan masalahnya dan ingin membayar untuk itu. Berbeda cerita jika kamu memang membuat usaha dengan tujuan "sosial", di mana kamu ingin memudahkan banyak orang dengan harga murah ini. Selama ini sesuai dengan tujuanmu silahkan, tentu bukan masalah.
old-bspace/lebih-murah-belum-tentu-solusinya.md at main · hilmanski/old-bspace · GitHub