Membuat nama Brand yang menarik

 · 

 · 

4 mins read

notion-image
Halo semuanya! Salah satu aspek yang sangat vital dalam memulai bisnis adalah menciptakan nama brand yang kuat dan menarik. Nama brand yang baik akan membantu kamu membedakan produk atau jasa yang kamu tawarkan dari pesaing, serta menciptakan identitas yang memikat dan mudah diingat oleh pelanggan.
Dalam panduan ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat nama brand yang menarik dan unik dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Tentukan Visi dan Misi Brand

Sebelum menentukan nama brand, kamu perlu memahami visi dan misi dari bisnis yang akan kamu jalankan. Visi dan misi ini akan menjadi fondasi dalam menciptakan nama brand yang sesuai dengan karakteristik dan tujuan bisnis.
Termasuk di sini adalah tahu persis siapa customer atau calon pengguna yang jadi target utama market kamu. Memilih nama yang mudah diingat dan disebut oleh customer tersebut bisa jadi kunci utama.

2. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Mengetahui tren pasar dan karakteristik pesaing akan membantu kamu menciptakan nama brand yang unik dan menonjol. Kamu bisa mulai dengan mencatat kata-kata atau frasa yang sering digunakan oleh kompetitor, lalu mencari ide yang berbeda untuk membuat brand kamu lebih menarik.
Karena biasanya kata yang sering digunakan sudah sering muncul di kepala calon customer. Menjadi trigger atau pemancing dari kata tersebut ke produk kamu bisa jadi keuntungan lebih.

3. Brainstorming

Luangkan waktu untuk menciptakan berbagai ide nama brand. Kamu bisa melibatkan tim, keluarga, atau teman untuk mendapatkan perspektif yang berbeda. Cobalah untuk mencatat semua ide yang muncul, tanpa membatasi imajinasi.
Lakukan juga mind mapping, untuk mendapatkan kata-kata yang berasal dari akar visi misi kamu sebelumnya.

4. Pertimbangkan Aspek Kultural dan Linguistik

Pastikan nama brand yang kamu pilih tidak memiliki arti yang negatif atau aneh dalam bahasa atau budaya lain. Hal ini penting untuk menghindari kesalahpahaman dan memastikan bahwa nama brand akan diterima dengan baik di berbagai pasar.
Tentu kita tidak bisa mengecek di semua bahasa dunia, tapi setidaknya cek di bahasa yang paling umum digunakan di negara yang menjadi target market kamu.

5. Tes Keterbacaan dan Keunikan

Coba baca dan tulis nama brand yang kamu pilih secara berulang-ulang. Pastikan nama tersebut mudah diucapkan, ditulis, dan diingat.
Jika kata kamu adalah kata baru, plesetan atau gabungan dari bahasa asing, coba minta orang lain mengucapkannya.

6. Mintalah Masukan dari Orang Lain

Setelah memiliki beberapa opsi nama brand, mintalah masukan dari orang lain untuk mengetahui kesan mereka terhadap nama-nama tersebut. Hal ini akan membantu kamu menilai apakah nama brand tersebut sesuai dengan visi dan misi bisnis, serta mudah diterima oleh calon pelanggan.

7. Cek Ketersediaan Domain dan sosial media

Selain itu, periksa ketersediaan nama tersebut pada domain, media sosial, dan platform lainnya untuk memastikan keunikan brand.
Kenapa? Karena kamu tidak ingin nama brand kamu sama dengan yang sudah ada. Ini akan membingungkan customer kamu, dan bisa jadi malah mengarahkan mereka ke kompetitor kamu.

8. Cek HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

Setelah menentukan nama brand yang potensial, sangat penting untuk melakukan pengecekan HAKI. Pastikan nama brand yang kamu pilih tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain, seperti merek dagang yang sudah terdaftar.
Kamu bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) atau berkonsultasi dengan ahli HAKI untuk memastikan nama brand tersebut aman dan bebas dari potensi perselisihan hukum di masa depan. Dengan melakukan cek HAKI, kamu akan melindungi brand kamu dari potensi masalah hukum dan menjaga reputasi bisnis.

BONUS: Coba generator nama bisnis

Untuk kamu yang merasa kesulitan mencari nama brand yang unik, kamu bisa menggunakan generator nama bisnism salah satunya di aplikasi WarungCopy. Generator ini akan membantu kamu menciptakan nama brand yang menarik dan sesuai dengan karakteristik bisnismu.

Kenapa Nama Brand yang tepat itu penting ?

Memilih nama brand yang tepat sangat penting karena berpotensi memiliki dampak langsung pada kesuksesan bisnis Kamu.
Kalau kamu belum begitu yakin kenapa punya nama produk yang unik dan menarik itu krusial, berikut adalah beberapa alasan mengapa memilih nama brand itu penting:

1. Identitas:

Nama brand merupakan identitas bisnis Kamu, dan akan membantu orang mengenali produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Nama yang baik akan memudahkan pelanggan mengingat dan merekomendasikan bisnis Kamu kepada orang lain.

2. Diferensiasi:

Nama brand yang unik dan menarik akan membantu Kamu membedakan bisnis Kamu dari pesaing. Hal ini penting dalam pasar yang padat dan kompetitif, di mana pelanggan sering beralih antara merek yang berbeda.

3. Citra:

Nama brand yang baik mencerminkan nilai, misi, dan visi perusahaan Kamu. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap produk atau layanan yang Kamu tawarkan, serta meningkatkan kredibilitas dan reputasi bisnis Kamu.

4. Pengaruh Emosional:

Nama brand yang baik memiliki kemampuan untuk membangkitkan emosi positif dalam pikiran pelanggan, seperti kepercayaan, kebahagiaan, atau rasa puas. Emosi ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan mempengaruhi keputusan pembelian.

5. Pemasaran dan Promosi:

Nama brand yang menarik dan mudah diingat akan lebih mudah dipasarkan dan dipromosikan. Hal ini akan membantu Kamu menarik perhatian konsumen dan menciptakan kesadaran merek yang kuat.

6. Perlindungan Hukum:

Nama brand yang unik dan dapat didaftarkan sebagai merek dagang akan memberi Kamu perlindungan hukum terhadap pesaing yang mencoba meniru atau mengambil keuntungan dari reputasi Kamu.

7. Pertumbuhan Bisnis:

Nama brand yang kuat akan membantu Kamu memperluas bisnis Kamu ke pasar baru dan menjalin kemitraan strategis. Sebuah nama yang baik dapat menjadi aset berharga dalam negosiasi dan transaksi bisnis.
Oleh karena itu, memilih nama brand yang tepat merupakan langkah penting dalam proses pendirian dan pengembangan bisnis Kamu. Pastikan untuk melakukan riset yang menyeluruh, mempertimbangkan target pasar Kamu, dan berkreasi dalam menciptakan nama yang mencerminkan esensi bisnis Kamu.

Itu dia strategi memilih nama brand atau produk

Menciptakan nama brand yang menarik dan unik memerlukan pemikiran yang matang serta perhatian terhadap berbagai aspek, seperti visi dan misi bisnis, riset pasar, keterbacaan, keunikan, dan perlindungan HAKI. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan berhasil menciptakan nama brand yang kuat dan dapat mendukung kesuksesan bisnis kamu. Selamat mencoba dan sukses selalu!
Semoga halaman ini membantu kamu dalam mencari nama usaha yang bagus dan menentukan nama brand untuk jasa atau produk kamu.
TW

Team Warungcopy

View Profile