Membuat tagline untuk brand

 · 

 · 

3 mins read

notion-image
Apakah kamu sedang mencari cara membuat tagline untuk brand yang menarik dan mudah diingat? Tenang saja, kamu berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kita akan membahas langkah demi langkah cara membuat tagline yang menarik perhatian orang dan mudah diingat. Yuk, simak caranya!
Langkah pertama dalam membuat tagline adalah mengenali brand kamu. Apa sih yang membuat brand kamu unik? Apa keunggulan produk atau jasa yang kamu tawarkan? Cobalah untuk mencari tahu tentang nilai-nilai yang ingin kamu sampaikan melalui brand kamu. Dengan mengetahui karakteristik brand, kamu akan lebih mudah menemukan kata-kata yang tepat untuk tagline.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah mengenali brand kamu, langkah berikutnya adalah menentukan target pasar. Siapa sih yang ingin kamu jadikan konsumen produk atau jasa kamu? Dengan mengetahui target pasar, kamu akan lebih mudah menciptakan tagline yang menarik perhatian mereka. Ingat, tagline yang bagus adalah tagline yang bisa menggambarkan brand kamu sekaligus menarik target pasar.

3. Kenali Karakteristik Target Pasar

Selanjutnya, kenali karakteristik target pasar kamu. Apa yang mereka sukai? Apa yang mereka butuhkan? Apa yang mereka harapkan dari suatu produk atau jasa? Dengan mengetahui karakteristik target pasar, kamu akan lebih mudah menciptakan tagline yang relevan dan menarik bagi mereka.

4. Brainstorming Ide Tagline

Sekarang, saatnya brainstorming ide tagline. Cobalah untuk mencatat kata-kata atau frasa yang mewakili brand kamu, serta yang menarik bagi target pasar. Jangan takut untuk bereksperimen! Semakin banyak ide yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan kamu menemukan tagline yang tepat.

5. Pilih Tagline yang Paling Tepat

Setelah melakukan brainstorming, pilihlah tagline yang paling tepat dari ide-ide yang telah kamu buat. Pastikan tagline tersebut mewakili brand kamu, menarik bagi target pasar, dan mudah diingat. Jangan lupa untuk meminta pendapat orang lain, terutama target pasar kamu, untuk mengetahui apakah tagline tersebut efektif atau tidak.

6. Uji Coba Tagline

Sebelum menggunakan tagline secara resmi, lakukanlah uji coba terlebih dahulu. Cobalah untuk menggunakan tagline tersebut dalam berbagai media promosi, seperti brosur, poster, atau iklan di media sosial. Dengan melakukan uji coba, kamu akan mengetahui apakah tagline tersebut efektif atau tidak dalam menarik perhatian target pasar.

7. Evaluasi dan Revisi (jika diperlukan)

Jika setelah melakukan uji coba, kamu merasa tagline tersebut kurang efektif, jangan ragu untuk merevisinya. Evaluasi hasil uji coba, dan cari tahu apa yang perlu diperbaiki. Ingat, proses pembuatan tagline yang baik adalah proses yang iteratif. Jadi jangan takut untuk terus mencoba dan mengembangkan tagline yang lebih baik.

8. Konsistensi Penggunaan Tagline

Setelah menemukan tagline yang tepat dan efektif, pastikan kamu konsisten dalam menggunakannya di semua media promosi brand kamu. Konsistensi akan membantu membangun kesan yang kuat terhadap brand kamu di benak konsumen. Jadi, usahakan untuk selalu menggunakan tagline yang sama di berbagai media, mulai dari logo, packaging, hingga iklan.

9. Tetap Update dan Selalu Berkembang

Seperti halnya bisnis, tagline juga perlu diupdate dan dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan kebutuhan target pasar. Jadi, jangan ragu untuk mengubah atau mengganti tagline jika kamu merasa sudah tidak relevan lagi. Yang terpenting, pastikan tagline baru tersebut tetap mewakili brand kamu dan menarik bagi target pasar.

Kenapa punya tagline penting untuk brand ?

Punya tagline untuk brand sangat penting karena tagline merupakan perwakilan singkat dan padat dari identitas serta nilai-nilai yang brand tawarkan. Sebuah tagline yang baik akan menciptakan kesan yang kuat dan mudah diingat di benak konsumen, sehingga membantu brand kamu menonjol di tengah persaingan yang ketat.
Selain itu, tagline juga berfungsi sebagai pembeda, mengkomunikasikan keunikan brand serta menarik perhatian target pasar, yang pada akhirnya meningkatkan kesadaran dan loyalitas konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kesimpulan

Nah, itulah langkah-langkah dalam membuat tagline yang menarik dan mudah diingat. Ingat, sebuah tagline yang baik akan membantu brand kamu menonjol di tengah persaingan yang ketat. Jadi, jangan ragu untuk menciptakan tagline yang unik dan menarik yang bisa membuat orang penasaran dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selamat mencoba!
TW

Team Warungcopy

View Profile