Membuat thread/utas twitter

 · 

 · 

4 mins read

notion-image
Kamu ingin memanfaatkan Twitter untuk promosi, tapi bingung bagaimana cara membuat thread yang menarik dan efektif? Tenang, di artikel ini kita akan membahas cara membuat thread di Twitter yang bisa membantu kamu dalam mempromosikan produk atau jasa. Simak langkah-langkah berikut ini, yuk!
Sekilas info, warungCopy punya Aplikasi membuat thread twitter otomatis.

Apa itu thread di twitter ?

Thread di Twitter adalah serangkaian tweet yang saling terhubung dan dibuat oleh pengguna yang sama. Thread digunakan untuk menyampaikan informasi atau cerita yang lebih panjang dan mendalam daripada yang bisa diungkapkan dalam satu tweet saja.
Mengingat batasan karakter dalam satu tweet adalah 280 karakter (mungkin sudah berubah seiring waktu), thread menjadi cara yang efektif untuk berbicara tentang topik yang lebih kompleks atau membagikan rangkaian pemikiran yang saling terkait.

1. Tentukan Tujuan Thread

Sebelum membuat thread, tentukan dulu tujuan dari thread tersebut. Apakah kamu ingin memperkenalkan produk baru, menjelaskan cara penggunaan, atau berbagi tips terkait produk kamu? Dengan menentukan tujuan, kamu akan lebih mudah menyiapkan materi dan menulis thread yang sesuai.

2. Susun Ide dan Informasi

Setelah tujuan ditentukan, susun ide dan informasi yang ingin kamu sampaikan dalam thread. Buatlah outline atau rangkuman poin-poin yang ingin disampaikan. Pastikan informasi yang kamu berikan relevan, menarik, dan mudah dipahami oleh target pembaca.

3. Gunakan Gaya Bahasa yang Menarik

Gaya bahasa yang kamu gunakan sangat penting untuk menarik perhatian pembaca. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jangan ragu untuk menambahkan humor atau gaya bahasa yang lebih santai, asalkan masih sesuai dengan karakter brand kamu.

4. Susun Thread dengan Struktur yang Jelas

Thread Twitter sebaiknya disusun dengan struktur yang jelas agar pembaca mudah mengikuti alur informasi yang kamu sampaikan. Mulailah dengan tweet pertama yang berfungsi sebagai pengantar, lalu susun tweet-tweet berikutnya dengan urutan yang logis dan mudah diikuti.

5. Manfaatkan Visual

Jangan lupa untuk memanfaatkan visual, seperti foto atau video, untuk membuat thread lebih menarik. Visual akan membantu pembaca memahami informasi yang kamu sampaikan dan menambah daya tarik thread kamu.

6. Tambahkan Link dan Tag

Tambahkan link ke website, blog, atau media sosial lainnya jika diperlukan, agar pembaca bisa mendapatkan informasi lebih lengkap. Jangan lupa untuk men-tag akun terkait atau menggunakan hashtag yang relevan agar thread kamu lebih mudah ditemukan oleh target pembaca.

7. Periksa Kembali Thread Sebelum Posting

Sebelum memposting thread, periksa kembali keseluruhan isi thread, mulai dari ejaan, tata bahasa, hingga tautan yang ada. Pastikan semua elemen sudah benar dan siap untuk diposting.

8. Posting Thread

Setelah semua langkah selesai, saatnya memposting thread di Twitter. Kamu bisa memposting secara langsung dari aplikasi Twitter atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TweetDeck atau Hootsuite.

9. Pantau Respons dan Interaksi

Terakhir, pantau respons dan interaksi dari thread yang kamu buat. Perhatikan retweet, like, dan komentar yang diterima. Jika respons positif, kamu bisa melanjutkan strategi ini untuk promosi berikutnya. Jika ada kritik atau saran, jangan ragu untuk mengambil pelajaran dan terus meningkatkan kualitas thread kamu.

10. Berinteraksi dengan Pembaca

Setelah thread diposting, jangan lupa untuk berinteraksi dengan pembaca yang memberikan respons atau mengajukan pertanyaan. Dengan menjawab pertanyaan atau mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan, kamu akan membangun hubungan yang lebih baik dengan target pembaca dan menunjukkan bahwa brand kamu peduli terhadap mereka.

11. Evaluasi dan Perbaikan Strategi

Lakukan evaluasi terhadap thread yang sudah kamu buat dan perhatikan hasil yang diperoleh. Apakah respons yang diterima positif? Apakah ada hal yang perlu diperbaiki? Berdasarkan hasil evaluasi, tentukan langkah perbaikan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas thread di masa depan.

12. Konsistensi dan Rutinitas

Agar thread lebih efektif dalam membangun kesadaran dan minat terhadap produk atau jasa kamu, pastikan kamu konsisten dalam membuat dan memposting thread. Buatlah jadwal rutin untuk pembuatan thread, misalnya seminggu sekali atau dua kali sebulan. Dengan konsistensi, kamu akan lebih mudah membangun engagement dengan target pembaca.

notion image

Bagaimana cara membuat thread di twitter (Teknikal)

Untuk membuat thread di Twitter, kamu cukup menulis tweet pertama dan kemudian menambahkan tweet berikutnya dengan cara mengeklik tombol "Reply" pada tweet sebelumnya, sehingga membentuk sebuah rantai tweet.
Ketika seseorang melihat atau mengklik salah satu tweet dalam thread, mereka akan melihat keseluruhan rangkaian tweet dalam urutan yang benar.

Kenapa membuat thread di twitter itu penting ?

Membuat thread di Twitter penting karena beberapa alasan berikut:

Menyampaikan Informasi yang Lebih Lengkap:

Dengan thread, kamu dapat menyampaikan informasi yang lebih lengkap dan rinci daripada yang bisa diungkapkan dalam satu tweet. Hal ini memungkinkan kamu untuk membahas topik yang lebih kompleks dan mendalam.

Meningkatkan Engagement:

Thread cenderung mendapatkan tingkat interaksi yang lebih tinggi, seperti retweet, like, dan komentar. Hal ini karena pengguna Twitter lebih tertarik untuk mengikuti dan berinteraksi dengan konten yang lebih terstruktur dan informatif.

Memudahkan Pembaca Mengikuti Alur:

Thread membantu pembaca mengikuti alur informasi atau cerita yang kamu sampaikan dengan lebih mudah. Dibandingkan dengan serangkaian tweet yang tidak terhubung, thread menampilkan konten secara terorganisir dan berurutan, sehingga memudahkan pengguna untuk memahami maksud dan pesan yang ingin kamu sampaikan.

Membangun Kredibilitas dan Otoritas:

Dengan membuat thread yang informatif dan menarik, kamu dapat membangun kredibilitas dan otoritas di bidang tertentu. Pengguna lain akan menganggap kamu sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan, sehingga meningkatkan reputasi kamu di Twitter.

Meningkatkan Jangkauan dan Visibilitas:

Thread yang menarik dan relevan lebih mungkin untuk dibagikan dan dibahas oleh pengguna lain. Hal ini akan membantu meningkatkan jangkauan dan visibilitas tweet kamu, yang pada gilirannya dapat meningkatkan jumlah pengikut dan interaksi dengan konten kamu.

Promosi Produk atau Jasa:

Bagi pelaku bisnis atau pemilik merek, thread di Twitter dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Kamu bisa menjelaskan fitur dan manfaat, berbagi testimoni pelanggan, atau mengumumkan penawaran khusus melalui thread yang menarik dan informatif.

Kesimpulan membuat Thread di Twitter

Dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan ini, membuat thread di Twitter menjadi penting bagi individu dan bisnis yang ingin memaksimalkan kehadiran mereka di platform ini, membangun otoritas, dan meningkatkan interaksi dengan target audiens.
Demikianlah langkah-langkah membuat thread di Twitter yang menarik dan efektif untuk promosi. Ingatlah bahwa kunci sukses promosi melalui Twitter adalah kreativitas, konsistensi, dan interaksi yang baik dengan target pembaca. Semoga tips ini membantu kamu dalam mempromosikan produk atau jasa kamu di Twitter dan mencapai kesuksesan yang diinginkan. Selamat mencoba!
TW

Team Warungcopy

View Profile