Menulis skripsi dengan bantuan chatGPT

 · 

 · 

5 mins read

notion-image
Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib diselesaikan mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun, tak jarang dalam proses pembuatan skripsi, mahasiswa mengalami banyak kesulitan. Seiring dengan pesatnya teknologi, kini mahasiswa dalam menulis skripsi dengan bantuan ChatGPT, sebuah aplikasi Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model yang dikembangkan oleh OpenAI. Seperti apa ChatGPT dapat berperan dalam penuliskan skripsi? Simak informasi berikut ini ya.
 

Apa itu ChatGPT?

ChatGPT (Generative Pre-training Transformer) adalah sebuah program AI yang dibuat oleh OpenAI. Di dalam ChatGPT terdapat bot obrolan yang dapat membantu mencari informasi pengguna secara cepat dan efisien. Teknologi ini dinilai menyerupai hasil kerja manusia karena informasi yang dihasilkan sangat natural, yakni tidak terbaca seperti robot sebagaimana AI pada umumnya.
Sistem kerjanya sederhana, pengguna hanya diminta mengetik permintaan mereka dan mengirimnya seperti saat kita mengirim chat pada seseorang. Kemudian, bot dari ChatGPT akan memberikan balasan berupa jawaban yang berkaitan dengan pemintaan pengguna. Karena kemudahannya tersebut, kamu dapat menulis skripsi dengan bantuan ChatGPT.

Kelebihan ChatGPT

ChatGPT hadir di tengah maraknya perkembangan teknologi dengan banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari ChatGPT, selain bisa berfungsi sebagai AI untuk membuat skripsi.
  1. Responsif atau cepat dalam memberikan jawaban.
  1. Jawaban disajikan secara natural dengan bahasa yang mudah dipahami.
  1. Menyerupai hasil kerja manusia. Bahkan jika kamu mengajaknya bercanda, dia akan menanggapinya dengan baik.

Kekurangan ChatGPT

Meskipun dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk membantu dalam menyusun skripsi, ChatGPT tetap memiliki kekurangan. Di antaranya:
  1. ChatGPT memiliki keterbatasan pengetahuan. Dia tidak dapat memberikan informasi terbaru yang ada setelah tanggal Januari 2022.
  1. Jawaban ChatGPT tidak selalu benar. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengecek kembali jawabannya.
  1. Karena dilatih dari data yang terdapat di internet dan menyerap banyak informasi, robot AI ini belum dapat membedakan informasi fakta dan opini.
  1. Karena berbasis teks, dia tidak dapat menyediakan informasi dalam bentuk gambar.
  1. ChatGPT tidak dapat mengakses atau memverifikasi informasi dari sumber eksternal seperti buku, jurnal, atau internet. Oleh karena itu, jawabannya mungkin tidak selalu akurat atau terkini.
Baca perbandingan ChatGPT dengan WarungCopy untuk menulis artikel dengan AI

Panduan Menulis Skripsi dengan Bantuan ChatGPT

1. Mencari Ide Judul Skripsi

Pertama, jika kamu kesulitan mencari ide judul untuk skripsi, ChatGPT akan memberikanmu beberapa referensi judul sesuai dengan topik yang hendak kamu bahas. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka situs ChatGPT, yakni https://chat.openai.com/ dan membuat akun. Jika sudah, kamu bisa mulai memberinya perintah,
Misalnya, kamu ingin mencari judul skripsi yang baik dengan topik 'pengaruh budaya asing ke masyarakat indonesia', maka kamu dapat menulis "tolong berikan beberapa referensi judul skripsi dengan topik 'pengaruh budaya asing ke masyarakat indonesia'". Setelah kamu mengirim chat tersebut, ChatGPT akan menanggapi dengan beberapa pilihan judul dengan tampilan seperti ini.
notion image

2. Membuat Outline Skripsi

Setelah menentukan ide judul skripsi, langkah selanjutnya adalah membuat outline atau kerangka skripsi dengan bantuan ChatGPT. Caranya, kamu dapat menulis "tolong buatkan outline skripsi dari judul 'Dinamika Pengaruh Budaya Asing melalui Media Massa Terhadap Gaya Hidup Remaja Indonesia'". Jika sudah, maka hasil yang keluar kurang lebih akan seperti ini.
notion image

3. Mencari Referensi atau Sumber untuk Skripsi

Salah satu kemudahaan menulis skripsi dengan bantuan ChatGPT adalah kamu bisa mendapat banyak rekomendasi referensi. Kamu dapat menulis perintah "Tolong berikan beberapa rekomendasi referensi buku atau jurnal untuk skripsi tersebut." di dalam chat yang sama dan ChatGPT akan memberikan rekomendasinya.
notion image

4. Menerjemahkan dan Memparafrase Referensi Skripsi

Fungsi lain dari ChatGPT adalah sebagai alat penerjemah dan parafrase suatu teks. Caranya, salin teks yang ingin kamu terjemahkan atau parafrase dan beri perintah ChatGPT untuk melakukannya. Misalnya seperti ini.
notion image
Lihat tool mengubah kalimat atau parafrase dengan AI

5. Membuat Abstrak, Kata Pengantar, hingga Daftar Pustaka

Dalam pembuatan skripsi, tentu kamu akan diminta untuk menulis abstrak, kata pengantar, hingga susunan daftar pustaka yang rapi. Untuk itu, kamu bisa meminta ChatGPT untuk melakukannya. Berikut beberapa contoh hasil tulisan ChatGPT untuk Abstrak, Kata Pengantar, dan Daftar Pustaka.

Abstrak

Perintah: Tolong buatkan abstrak singkat, sekitar 1-3 paragraf dari judul skripsi "Dinamika Pengaruh Budaya Asing melalui Media Massa Terhadap Gaya Hidup Remaja Indonesia"
Hasil:
notion image

Kata Pengantar

Perintah: Tolong buatkan kata pengantar singkat, sekitar 1-3 paragraf dari judul skripsi "Dinamika Pengaruh Budaya Asing melalui Media Massa Terhadap Gaya Hidup Remaja Indonesia"
Hasil:
notion image

Daftar Pustaka

Karena aturan gaya penulisan daftar pustaka berbeda-beda di tiap instansi, maka kamu dapat meminta daftar pustaka menyusunnya dengan perintah yang lebih detail. Misalnya seperti ini:
notion image
Belajar cara menulis daftar pustaka pada skripsi

Peringatan Mengenai ChatGPT

Perlu diketahui, menulis skripsi dengan bantuan ChatGPT dapat dilakukan asal tidak berlebihan hingga berpotensi melanggar aturan. Hal itu karena skripsi adalah buah pikiran yang berupa karya ilmiah dan disusun berdasarkan penelitan yang mendalam. Maka dari itu, perintah menulis skripsi dengan ChatGPT yang secara eksplisit memintanya untuk membuat naskah secara keseluruhan sebaiknya tidak dilakukan.
Meski demikian, kamu tetap bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu proses penulisan skripsi, seperti untuk beberapa kebutuhan yang telah dicontohkan di atas.
Tak hanya itu, ChatGPT memiliki cukup banyak kekurangan, salah satunya tidak semua yang disampaikannya akurat. Oleh sebab itu, kamu masih perlu mengecek hasilnya kembali dan mencocokkannya dengan fakta yang ada di sumber ilmiah yang terpercaya.

Kesimpulan

ChatGPT adalah sebuah program AI berbasis Language Model yang dapat membantu mahasiswa dalam menulis skripsi. ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk membantu mahasiswa dalam menulis skripsi, antara lain untuk mencari ide judul, membuat outline, mencari referensi, menerjemahkan dan memparafrase referensi, membuat abstrak, kata pengantar, dan daftar pustaka.
Namun, perlu diingat bahwa ChatGPT tidak dapat menggantikan peran mahasiswa dalam menyusun skripsi. Mahasiswa tetap harus melakukan penelitian dan menyusun skripsi secara mandiri. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan ChatGPT dalam menulis skripsi:
  • Gunakan ChatGPT untuk membantu proses penulisan skripsi, bukan untuk membuat skripsi secara keseluruhan.
  • Cek kembali hasil dari ChatGPT dengan sumber ilmiah yang terpercaya.
  • Gunakan ChatGPT secara bijak dan bertanggung jawab.
TW

Team Warungcopy

View Profile