Tips membuat video youtube untuk pemula

 · 

 · 

2 min read

Mulai membuat video memang tidak mudah. Kalau kamu baru (mau) mulai perjalanan untuk membuat video youtube, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya! Ini adalah daftar aktivitas yang sering saya gunakan dalam membuat video youtube.
  • Yang dibahas disini jenis rekaman yang kamu perlu merekam sesuatu (bukan screen record layar).

Mulai rekam

Paling sulit adalah memulai. Sebagus apapun idemu, jika tidak mulai, maka tidak akan ada yang jadi. Karena itu penting untuk berani mulai merekam. Tidak peduli apakah ada gear bagus atau hanya kamera HP, yang perlu kamu lakukan adalah pencet tombol rekamnya!

Jangan pusing alat dulu

Punya alat-alat yang mendukung itu bagus. Kalau kamu punya kemampuan finansial. Silahkan menginvestasikan untuk kamera, mic, lampu dan lainnya.
Tapi saran saya untuk awal, coba dulu! rasakan kamu suka prosesnya atau tidak, rasakan tantangannya, dan bagaimana kamu mengatasinya tanpa perlu investasi berlebihan sebelumnya.

Mengambil banyak video

Jangan berharap video pertamamu langsung bagus. Karena itu perlu mengambil banyak video. Jika mau shooting benda misalnya, coba rekam bendanya saat di atas meja, rekam saat di atas lantai, rekam saat ditaro di kursi, rekam dan rekam.
Ambil footage sebanyak yang kamu mau. Jangan pelit-pelit. Rekaman kamu belum tentu bagus, jadi pastikan kamu punya banyak pilihan. Rekam berkali-kali walaupun dari tempat yang sama, kamu tidak tahu mana yang paling bagus.

Edit video kamu

Rekaman adalah satu hal, sementara edit adalah hal yang berbeda. Kita akan bahas lebih jauh di bagian lain. Tapi Jangan langsung posting apa yang kamu rekam, edit. Perbaiki, Cut yang tidak penting

Cahaya yang baik

Salah satu unsur terpenting dalam membuat video adalah pencahayaan yang baik. Ada banyak tutorial di youtube yang membahas teknik pencahayaan. Mungkin akan dibahas detail di bagian lain.
Tapi untuk sekarang, pastikan kamu menggunakan cahaya yang cukup. JIka belum ada lampu tambahan, manfaatkan cahaya yang ada, lampu kamar, buka jendela, pintu dan lainnya.

Suara yang baik

Perhatikan suaranya. Orang terganggu jika terlalu banyak video bising yang membuat suara kamu tidak terdengar dengan baik. Jika perlu, kamu bisa menumpuk suara nantinya. Kamu pisahkan "merekam gambar dulu", lalu "merekam suara" saja.
Saya pernah harus merekam di malam hari karena sedang ada pekerjaan rumah di tetangga yang suara bunyi palu-palunya selalu masuk. Jadi perlu saya hindari.

Itu dia!

Nah tentunya semakin lama kita membuat video akan semakin banyak tips-tips yang kita pelajari dan kuasai. Tapi itu dia hal dasar yang bisa kamu implementasikan sekarang dalam membuat video youtube pertamamu
TW

Team Warungcopy

View Profile