w3School dalam bahasa Indonesia (referensi coding)

 · 

 · 

2 min read

notion-image
Saya banyak mendapatkan referensi selama belajar coding dari situs w3School. Karena itu saya melihat potensi bagaimana w3school dalam Bahasa Indonesia bisa membantu lebih banyak orang lagi!

Apa itu w3School ?

w3School adalah situs yang berisi berbagai maca pelajaran coding, mulai dari HTML, CSS, Javascript, Python, PHP dan masih banyak lagi.
Yang menarik, situsnya dikemas dalam materi materi singkat yang bisa dijadikan referensi belajar setiap mencari topik tertentu dari suatu bahasa program

w3School bahasa Indonesia

Terpikirlah untuk membuat situs yang mirip namun dalam Bahasa Indonesia.
notion image
Saat ini sudah ada pelajaran:
  • HTML
  • CSS
  • Javascript (coming soon)
pelajaran lainnya pun akan ditambahan

Berawal dari open source

Awalnya saya ingin membuat open source, di mana teman teman bisa berkontribusi. Namun karena waktu dan energi yang terbatas, saya pun menggabungkannya dengan proyek sko.dev karena masih punya semangat yang sama, yaitu mengajarkan coding dalam bahasa Indonesia

Bagaimana situs ini dibuat ?

Situs ini menggunakan static site generator (SSG) Astro. Karena bersifat konten, lebih baik menggunakan SSG. Untuk membuat konten tidak membosankan dibuatkan komponen unik dan juga memadukan dengan test code langsung lewat platform Codepen.

Bukan situs tutorial

Halaman tersebut adalah situs referensi pemrograman dalam Bahasa Indonesia. Namun bukan tutorial.
Biasanya tutorial fokus pada pembuatan satu proyek dari awal hingga akhir, semantara referensi sko.dev ini bersifat referensi per materi yang bisa kamu pelajari untuk dijadikan dasar pengetahuan. Atau juga berguna pada saat bingung mencari fungsi tertentu pada suatu bahasa program.

Pesan

Bikin apa yang kamu mau! bisa jadi itu membantu banyak orang lainnya!
TW

Team Warungcopy

View Profile