10+ Website Belajar Coding Gratis Online untuk Pemula 2024

 · 

6 min read

notion-image
Saat ini, salah satu skill yang banyak diminati dan dibutuhkan adalah bahasa pemrograman atau coding. Kabar baiknya, skill tersebut dapat dipelajari oleh siapa pun tanpa pandang bulu, yakni melalui website belajar coding gratis.
Dengan adanya platform seperti website belajar coding gratis, siapa pun dapat menjadi programmer dan menciptakan produk IT yang bermanfaat untuk masyarakat. Berkenaan dengan itu, artikel ini akan menjelaskan beberapa tempat kursus online yang bisa dicoba. Namun sebelum mencari website belajar coding gratis, alangkah lebih baik memahami terlebih dahulu apa itu coding.

Apa itu Coding?

Coding adalah proses menulis instruksi yang dimengerti komputer agar dapat menjalankan tugas-tugas tertentu. Sederhananya, coding seperti memberi perintah kepada robot agar melakukan apa yang kita inginkan. Namun, perintah ini disampaikan menggunakan bahasa komputer yang berupa kode.
Bagaimana proses coding dilakukan? Caranya, kamu harus menguasai bahasa pemrograman. Terdapat beberapa langkah yang diperlukan untuk mempelajarinya. Perlu diketahui, mempelajari coding yang kerap disebut sulit dilakukan, ternyata bisa dipelajari dengan mudah.
Beberapa tips agar kamu mudah mempelajari coding, di antaranya mempelajari bahasa pemrograman untuk pemula dan pilih yang paling dikuasai. Kedua, selalu upgrade skill dari berbagai sumber. Ketiga, cobalah untuk membuat program sebagai portofolio. Tidak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan website belajar coding gratis seperti SKODEV dan lainnya yang telah dikemas dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan.

10 Website Belajar Coding Gratis untuk Programmer Pemula

1. SKODEV

SKODEV adalah website belajar coding gratis asal Indonesia yang berdiri pada tahun 2015. Awalnya, tempat kursus coding ini SKODEV bernama Sekolah Koding.
Jika kamu ingin belajar coding dari nol, maka SKODEV adalah tempat yang tepat karena mereka telah membantu ratusan ribu pemula untuk belajar. Tak hanya itu, tempat kursus coding online tersebut juga memiliki banyak alumni yang bekerja di berbagai perusahaan. Dan karena online, kamu dapat mengakses serta belajar kapan pun dan dimana pun secara fleksibel.
Sebagai platform belajar coding yang lengkap, SKODEV menyediakan lebih dari ratusan tutorial baik untuk pemula maupun untuk profesional. Tak heran jika kini mereka memiliki lebih dari 150 ribu pengguna yang tergabung dalam Komunitas Coding.
Website Belajar Coding Gratis Online SKODEV
Beberapa keunggulan SKODEV dibandingkan dengan situs lainnya, di antaranya kualitas audio dan video pembelajaran yang jernih, tutorial lengkap tersedia baik untuk pemula maupun profesional, materi berupa video dan tulisan, hingga adanya forum publik untuk diskusi bersama yang bisa diakses secara gratis. Forum publik gratis yang disediakan oleh SKODEV ini menjadi tempat ideal untuk berdiskusi bersama, mencari problem solver, dan memperluas jaringan profesional.
Beberapa materi program yang diberikan oleh SKODEV, seperti membuat website, belajar programming secara umum dengan berbagai bahasa backend, membuat aplikasi Android dan iOS, dan sebagainya. Tak hanya kelas gratis, SKODEV juga memiliki kelas berbayar dengan fasilitas yang lebih lengkap.
Hal menariknya, SKODEV merupakan salah satu website belajar coding yang kerap memberikan diskon kelas baru untuk calon anggotanya. Daftarkan dirimu langsung di https://app.sko.dev/ dan nikmati belajar coding yang mudah dan menyenangkan!

2. Codecademy

Codecademy adalah platform belajar coding online dari Amerika yang diluncurkan pada tahun 2011. Mereka menawarkan pembelajaran interaktif tentang pemrograman dan pengembangan web yang gratis dan terpercaya.
Telah membantu jutaan orang dalam belajar coding, Codecademy menawarkan berbagai kelas gratis dalam berbagai bahasa pemrograman populer, seperti Python, Java, JavaScript, HTML, CSS, dan lainnya. Meskipun berasal dari luar negeri, Codecademy menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan pembelajaran interaktif dan menyenangkan. Tersedia kelas dari pemula hingga pro, kamu juga akan bergabung dengan komunitas aktif yang dapat menjadi wadah sharing seputar pemrograman atau bidang terkait.

3. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp merupakan website belajar coding gratis yang didirikan pada tahun 2014. Situs ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin belajar berbagai bahasa pemrograman dan teknologi web, termasuk HTML, CSS, JavaScript, Python, Java, dan lainnya.
Tempat ini menggunakan pendekatan interaktif yang memungkinkan kamu untuk belajar coding langsung di browser melalui project atau challenge yang diberikan. Setelah selesai mengikuti kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat kelulusan untuk beberapa kursus yang dapat kamu gunakan untuk melamar pekerjaan. Tak hanya itu, kamu juga bisa bergabung komunitas online yang siap membantumu kapan saja jika mengalami kesulitan saat belajar coding.
Untuk diketahui, FreeCodeCamp adalah platform open-source, yang berarti bahwa semua kode dan materi pembelajarannya tersedia secara gratis untuk dipelajari dan dikontribusikan oleh siapa saja.

4. Coursera

Coursera adalah platform MOOC (Massive Open Online Courses) yang didirikan pada tahun 2012 oleh Andrew Ng dan Daphne Koller, dua profesor dari Universitas Stanford. Tempat ini menawarkan lebih dari 5.000 kursus online dalam berbagai bidang, seperti ilmu komputer, bisnis, data science, kesehatan, dan humaniora. Karena itu, Coursera juga merupakan website belajar coding gratis yang bisa kamu pertimbangkan.
Berbeda dengan platform lain, di tempat ini kamu akan diajari oleh para profesor dan pakar dari universitas dan institusi ternama. Kelas coding yang ditawarkan pun beragam, mulai dari pemula hingga mahir. Beberapa kategori kelas coding yang populer di sana, di antaranya pemrograman dasar; pemrograman web dengan HTML, CSS, dan JavaScript, dan sebagainya; data science, hingga keamanan siber.

5. Udemy

Udemy merupakan platform kursus online terbesar di dunia dengan lebih dari 150.000 kursus dan 40 juta pelajar. Berbasis di San Francisco, California, Udemy menawarkan berbagai macam kursus online dalam berbagai bidang, termasuk pengembangan web, desain, bisnis, pemasaran, dan banyak lagi.
Terdapat beberapa kursus belajar coding di Udemy, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Beberapa kelas yang dapat kamu coba seperti pengembangan web, pengembangan game, pengembangan aplikasi seluler, pembuatan situs e-Commerce, bahasa pemrograman, dan sebagainya.
Sebagai website belajar coding gratis, Udemy menjadikan pembelajaran pemrograman menjadi lebih mudah, fleksibel, dan bisa dilakukan dimana saja serta kapan saja.

6. BitDegree

BitDegree didirikan pada tahun 2017 dan menyediakan berbagai macam kelas online seputar teknologi informasi, seperti blockchain, pengembangan web, dan desain. Salah satu keunggulan dari BitDegree adalah mereka fokus pada keterampilan yang dicari industri sehingga pesertanya dapat mengaplikasikan ilmu mereka langsung di dalam dunia kerja.
Di BitDegree, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan kursus online, yakni kursus online standar dan kursus gamifikasi. Khusus untuk kursus gamifikasi, kamu akan memperoleh pembelajaran interaktif yang memungkinkanmu membuat sebuah pencapaian.
Yang menarik, website belajar coding gratis ini juga memberikan reward pada pesertanya di program blockchain. Dengan begitu, kamu dapat lebih bersemangat dalam mempelajari dunia coding.

7. Codewars

Codewars adalah situs kursus online untuk mempelajari bahasa pemrograman yang memakai metode tantangan pada para pesertanya. Platform ini didirikan pada tahun 2012 dengan tujuan agar para programmer dapat mempertajam skill bahasa pemrogramaan mereka. Namun jangan khawatir, Codewars juga merupakan situs yang memotivasi peserta pemula.
Dengan sistem tantangan, mempelajari coding akan terasa lebih menyenangkan seperti bermain game. Dalam hal itu, Codewars menggunakan istilah "Word" untuk merujuk pada setiap latihan coding. Tak hanya itu, mereka juga menggunakan sistem "Reward" untuk memberikan penghargaan kepada peserta terbaik.

8. CodeSaya

Selain SKODEV, terdapat website belajar coding gratis lain yang berasal dari Indonesia, salah satunya CodeSaya. Berdiri pada tahun 2013, awalnya CodeSaya hanya memiliki kelas JavaScript. Namun kini, mereka telah menambah kelas PHP, Git, dan Python. Menariknya, melalui CodeSaya, kamu dapat belajar coding langsung di browser tanpa perlu menginstal software apa pun.
Keunggulan dari tempat kursus coding online ini adalah materi pembelajaran yang mudah dipahami karena dikemas dengan cara menarik. Mereka juga menggunakan sistem gamifikasi atau poin dan level sebagaimana yang digunakan oleh beberapa situs luar negeri.

9. Khan Academy

Didirikan oleh Sal Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School, Khan Acamedy juga merupakan situs belajar coding gratis yang patut untuk dicoba. Misi mereka adalah memberikan kelas gratis kepada siapa pun dan dimana pun.
Khan Academy sepenuhnya gratis. Oleh sebab itu, kamu dapat mengakses semua materi pembelajaran dan latihan coding tanpa biaya apapun. Mereka menggunakan video tutorial yang menarik dan mudah dipahami untuk menjelaskan konsep coding. Meski demikian, pembelajaran mereka terbukti efektif bagi jutaan pengguna situs mereka.
Beberapa topik bahasa pemrograman yang mereka tawarkan seperti HTML, CSS, Javascript, dan Database. Mereka pun menyediakan kelas yang mengajarkan filosofis dan skill dalam pembelajaran pemrograman.

10. Code Avengers

Code Avengers adalah situs belajar coding yang cukup populer. Terdapat kelas pemula hingga tingkat lanjutan yang didesain interaktif sehingga mudah dipahami. Platform ini berdiri sejak tahun 2013 dan menawarkan berbagai kursus coding dalam berbagai bahasa pemrograman, seperti JavaScript, Python, HTML, CSS, dan lainnya.
Selain materi pembelajaran, Code Avengers juga memberikan proyek langsung kepada para pesertanya sehingga proses belajar pun terasa lebih nyata. Salah satu keunggulannya adalah cocok untuk berbagai usia. Hal itu karena Code Avengers memiliki kursus yang dirancang untuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa.
Kenapa dinamakan 'Avengers'? Bukan tanpa alasan, mereka menggunakan karakter ikonik dari Marvel untuk membuat belajar coding lebih menarik, terutama untuk anak-anak.
 

Penutup

Setiap website belajar coding gratis memiliki keunggulan masing-masing untuk menarik para calon programmer. 10 website yang telah disebutkan merupakan platform yang cocok untuk pemula karena menawarkan kelas yang mudah dipahami, menyenangkan, dan bahkan beberapa di antaranya menggunakan sistem yang unik.
Beberapa tips untuk mempelajari coding dapat kamu coba, termasuk memilih bahasa pemrograman yang dikuasai, terus meningkatkan keterampilan, mencoba membuat program sebagai portofolio, dan memilih website belajar coding gratis terbaik yang cocok untukmu. Selamat belajar!
DF

Dinda Fitria

View Profile