5 Tips Menggunakan AI untuk Pemasaran dan Branding Bisnis UMKM
Tingkatkan branding UMKM Anda dengan menggunakan AI untuk pemasaran. Coba WarungCopy sekarang untuk hasil yang efektif dan hemat biaya!
·
·7 min read
Table of Contents
5 Tips Menggunakan AI untuk Pemasaran dan Branding Bisnis UMKM
Di era digital ini, penggunaan artificial intelligence (AI) semakin meluas di berbagai bidang, termasuk bisnis. Bukan hanya pelaku bisnis besar, tetapi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga dapat memanfaatkan teknologi ini. Salah satu pemanfaatan utamanya adalah menggunakan AI untuk pemasaran, yang memungkinkan pelaku usaha meningkatkan efisiensi dalam branding dan strategi pemasaran. Misalnya, aplikasi seperti WarungCopy bisa membantu UMKM dalam membuat konten pemasaran secara otomatis dan efektif.
WarungCopy adalah salah satu aplikasi yang efektif dalam membantu UMKM mengembangkan strategi pemasaran yang kreatif dan relevan. Dengan fitur berbasis AI, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk membuat konten pemasaran, meningkatkan engagement pelanggan, dan memperkuat branding bisnis dengan biaya yang lebih terjangkau. Mengingat, kini digital branding dianggap sebagai strategi bisnis yang sangat berpengaruh.
Sebagai pelaku usaha, apakah Anda berminat memakainya? Berikut lima tips menggunakan AI untuk pemasaran dan branding bisnis UMKM:
1. Membuat Nama Produk dan Tagline
AI dapat membantu Anda menemukan nama produk yang unik dan menarik, serta tagline yang tepat untuk mencerminkan nilai utama bisnis Anda. Simak cara berikut:
- Buka website WarungCopy untuk mengakses aplikasi AI dan pilih menu 'App' di sebelah kanan atas.
- Masukkan nama, email, dan kata sandi Anda, kemudian klik 'Register' untuk mendaftar. Apabila Anda sudah memiliki akun, silakan 'Log In'.
- Setelah berada di halaman 'Dashboard', gulir ke bawah untuk menemukan berbagai fitur WarungCopy yang bermanfaat bagi pelaku bisnis. Temukan bagian 'Produk / Bisnis' untuk bisa membuat nama produk dan tagline menggunakan AI.
- Anda dapat memilih 'Nama Produk dan Tagline' untuk menemukan nama produk dan tagline yang menarik. Namun jika Anda sudah memiliki nama produk dan hanya membutuhkan ide untuk tagline, silakan pilih 'Produk Tagline'.
- Setelah memilih 'Nama Produk dan Tagline', Anda akan dihadapkan dengan kolom 'Konteks' yang harus diisi sesuai dengan deskripsi singkat produk dari bisnis Anda. Semakin lengkap konteks, tentu hasil yang keluar akan lebih baik. Sebagai contoh, Anda dapat melihat gambar berikut:
- Klik 'Bikin' untuk mendapatkan rekomendasi nama produk dan tagline. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa pilihan yang diberikan.
2. Mendapatkan Ide Marketing
Dengan menggunakan AI untuk pemasaran, Anda bisa mendapatkan berbagai ide marketing yang segar dan relevan, sesuai tren terbaru dan perilaku konsumen saat ini. Berikut tahapan mendapatkan ide marketing dengan memanfaatkan AI:
- Buka 'Dashboard' dan pilih fitur 'Ide Marketing' di bagian Produk/Bisnis.
- Masukkan deskripsi singkat produk Anda di dalam kolom 'Konteks'. Jika sudah ada nama bisnis, Anda dapat menambahkannya juga di sana.
- Pilih 'Nada Bicara' yang diinginkan. Terdapat pilihan nada bicara Netral, Santai, Formal, atau Persuasif. Untuk ide marketing, Anda dapat memilih 'Persuasif' agar lebih menarik calon pelanggan.
- Jika sudah, klik 'Bikin' dan tunggu hasilnya dalam beberapa detik. Anda akan diberikan beberapa ide konten yang menarik untuk branding bisnis Anda.
3. Membuat Deskripsi Produk
Deskripsi produk dibutuhkan untuk memberikan informasi yang jelas dan menarik tentang produk kepada calon pelanggan. Dalam hal ini, AI dapat membantu Anda dalam menghasilkan kalimat yang efektif untuk memperkenalkan produk Anda. Berikut caranya:
- Buka halaman 'Dashboard' aplikasi WarungCopy dan pilih fitur 'Deskripsi Produk'.
- Pada bagian kolom 'Konteks', Anda dapat mendeskripkan produk Anda secara singkat dan sederhana. Sebagai contoh, Anda dapat menuliskannya seperti ini:
- Seperti pada poin no 2 di atas, Anda juga harus memilih 'Nada Bicara'. Anda dapat memilih 'Netral' jika menginginkan deskripsi produk yang umum. Jika sudah, klik 'Bikin'.
- Dalam waktu beberapa detik saja, Anda akan diberi rekomendasi beberapa deskripsi produk yang bisa dipilih.
4. Membuat Konten Media Sosial
Menggunakan AI untuk pemasaran juga membantu Anda menghasilkan konten media sosial yang menarik dan memikat pelanggan. Dengan begitu, Anda juga dapat meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan audiens bisnis. Berikut tutorial membuat konten media sosial dengan AI:
- Buka halaman 'Dashboard', kemudian scroll ke bagian fitur-fitur Media Sosial. Terdapat beberapa fitur yang bisa Anda pilih, di antaranya 'Instagram: Caption', 'Instagram: Ide Carousel', 'Twitter: Satu Tweet', 'Twitter: Thread'. dan lain-lain.
- Pilih fitur yang sedang Anda butuhkan. Misalnya, Anda ingin membuat caption Instagram, maka pilih 'Instagram: Caption'.
- Tulis materi atau brief caption yang diinginkan di kolom 'Konteks'. Penulisan yang mendetail akan menghasilkan caption yang lebih baik.
- Pilih 'Nada Bicara' sesuai yang Anda harapkan. Misalnya, untuk caption yang berkaitan dengan promo produk, Anda bisa memakai nada bicara Persuasif.
- Klik 'Bikin' dan tunggu beberapa detik. Tidak hanya satu, Anda akan diberi beberapa opsi caption.
5. Membuat Copy Ads untuk Google dan Media Sosial
Copy ads yang menarik sangat penting untuk mendapatkan perhatian audiens secara cepat dan efektif di platform digital. Dengan bantuan AI, Anda dapat mengidentifikasi kata kunci yang sesuai, menentukan nada yang menarik, dan menyesuaikan pesan dengan target audiens Anda. Hasilnya, iklan yang dibuat bisa lebih memikat dan relevan sehingga peluang untuk meningkatkan konversi pun lebih tinggi. Inilah cara membuat copy ads untuk Google dan media sosial:
- Buka 'Dashboard' aplikasi AI WarungCopy dan cari bagian fitur-fitur untuk Copy Ads.
- Tersedia beberapa fitur membuat copy ads, seperti untuk Google, Facebook, Instagram, dan Twitter. Pilih salah satu.
- Jika Anda pelaku bisnis yang menggunakan website, maka Anda perlu mencoba membuat Copy Ads Google dengan AI ini. Sebagai contoh, pilih fitur 'Google ads' di halaman 'Dashboard'.
- Tuliskan deskripsi singkat mengenai produk Anda pada kolom 'Konteks'.
- Pilih Nada Bicara yang diinginkan. Misalnya, nada bicara 'Formal'. Kemudian klik 'Bikin' untuk mendapatkan hasilnya.
- Anda akan diberikan beberapa opsi Headline dan Description untuk Google Ads. Pilih salah satu untuk beriklan di Google.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, menggunakan AI untuk pemasaran kini menjadi solusi tepat bagi UMKM yang ingin memperkuat branding dan efisiensi pemasaran. Dengan mengandalkan aplikasi AI seperti WarungCopy, pelaku usaha tidak hanya bisa menghemat waktu dan biaya, tetapi juga menghasilkan konten yang lebih menarik dan sesuai kebutuhan audiens. Inilah peluang bagi para pelaku UMKM untuk bersaing secara lebih efektif dalam pasar yang semakin kompetitif.
Apabila Anda ingin meningkatkan daya tarik produk dan engagement pelanggan, sekarang saatnya mencoba WarungCopy. Dengan fitur berbasis AI yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemasaran dan branding, WarungCopy siap membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Register sekarang dan manfaatkan WarungCopy untuk menjadikan bisnis Anda to the next level!