Cara buat daftar isi otomatis di Microsoft Word
Bagaimana cara buat daftar isi otomatis pada aplikasi Microsoft Word? Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Kamis, 24 Agustus 2023
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word
Membuat daftar isi secara manual di Microsoft Word bisa menjadi tugas yang memakan waktu, terutama jika dokumen yang Anda kerjakan adalah skripsi, tesis, disertasi, atau dokumen panjang lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word.
Langkah 1: Mengatur Judul Subbab
- Tandai teks yang ingin Anda jadikan sebagai judul atau subbab.
- Pilihl ‘Home’ pada toolbar di bagian atas.
- Di sebelah kanan toolbar, Anda akan melihat daftar gaya; Pilih ‘Heading 1’ untuk judul bab, ‘Heading 2’ untuk subbab, dan seterusnya.
Langkah 2: Membuat Daftar Isi Otomatis
- Klik tempat di halaman di mana Anda ingin menambahkan daftar isi.
- Pilih tab ‘References’ dan klik pada ‘Table of Contents’.
- Pilih salah satu tipe daftar Isi yang tersedia.
Langkah 3: Memperbarui Daftar Isi
- Saat Anda menambahkan atau menghapus konten atau mengubah format halaman, Anda mungkin ingin memperbarui daftar isi. Ini mudah dilakukan dengan mengeklik ‘Update Table’ di tab ‘References’.
Langkah 4: Kustom Daftar Isi
- Jika Anda ingin mengubah format daftar isi Anda, Anda bisa klik pada ‘References’ di toolbar, kemudian ‘Table of Contents’, dan pilih ‘Custom Table of Contents’. Dari sini, Anda dapat mengubah font, ukuran font, dan banyak lagi.
Kenapa Tahu Cara “Buat Daftar Isi Otomatis” Ini Penting?
Mengatur sebuah daftar isi otomatis di Microsoft Word sangat penting terutama bagi mereka yang sering kali bekerja dengan dokumen yang cukup panjang seperti skripsi, laporan penelitian, ataupun buku. Daftar isi akan membantu pembaca untuk dengan cepat menemukan topik atau bagian yang mereka cari.
Selain itu, dengan daftar isi otomatis, penulis tidak perlu lagi memperbarui secara manual setiap kali ada penambahan, pengurangan, atau perubahan dalam dokumen. Dengan beberapa klik saja, daftar isi akan otomatis memperbarui dirinya sendiri. Ini tidak hanya menghemat waktu, namun juga mengurangi risiko kesalahan manusia. Oleh karena itu, menguasai cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja.
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Panduan Tips Microsoft Word lainnya..