Cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word
Bagaimana cara membuat struktur organisasi pada aplikasi Microsoft Word? Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Rabu, 19 Juli 2023
Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word
Langkah 1: Menyiapkan Word
- Buka program Microsoft Word di komputer atau laptop Anda.
- Buat dokumen baru dengan cara men-klik “File” yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilih “New” dan klik “Blank Document”.
Langkah 2: Membuat Struktur Organisasi melalui SmartArt
- Di menu toolbar, klik “Insert” yang berada di bagian atas layar.
- Lalu klik “SmartArt” di bagian tengah toolbar.
- Pada jendela yang muncul, anda akan melihat berbagai jenis diagram yang bisa anda pilih. Untuk membuat diagram organisasi, klik “Hierarchy” pada panel sebelah kiri.
- Anda akan melihat berbagai opsi diagram hirarki. Pilih desain yang paling sesuai dengan struktur organisasi yang akan anda buat. Kemudian, klik “OK”.
Langkah 3: Mengisi Data Struktur Organisasi
- Sekarang, anda bisa mulai mengisi data struktur organisasi. Klik pada box yang ingin anda isi, dan kemudian ketik data yang relevan.
- Untuk menambahkan lebih banyak box, klik “Add Shape” yang ada di toolbar atas. Anda bisa memilih untuk menambahkan box di atas, bawah, kiri, atau kanan box yang sedang dipilih.
- Anda bisa mengubah ukuran dan posisi box dengan meng-klik dan men-drag tepi box.
- Jika Anda ingin mengubah warna atau desain dari box, Anda bisa memilih “Change Colors” atau “SmartArt Styles” yang ada di toolbar atas.
Langkah 4: Menyimpan Dokumen
Jangan lupa untuk menyimpan dokumen setelah selesai dengan klik “File” > “Save As”, lalu pilih lokasi penyimpanan dan berikan nama pada file Anda.
Kenapa tahu cara “membuat struktur organisasi” ini penting?
Membuat struktur organisasi sangat penting dalam setiap organisasi maupun perusahaan. Struktur organisasi akan membantu kita untuk mengidentifikasi peran dan tanggung jawab setiap individu, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dalam organisasi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa semua pekerjaan diselesaikan secara efisien dan efektif. Selain itu, struktur organisasi juga akan membantu dalam komunikasi dan koordinasi antar anggota organisasi. Dengan memahami cara membuat struktur organisasi di Microsoft Word, Anda dapat mudah menyampaikan struktur organisasi Anda kepada semua anggota organisasi atau perusahaan Anda dengan cara yang mudah dipahami dan profesional.
Memahami tentang bagaimana membuat struktur organisasi ini juga penting untuk individu yang berkecimpung di dunia manajemen, karena menjadi salah satu komponen dasar dalam manajemen organisasi. Dengan struktur organisasi yang jelas, akan lebih mudah untuk membahas dan membicarakan struktur dan peran dalam sebuah tim atau perusahaan. Pepatah mengatakan, “sebuah gambar berharga seribu kata”, dan hal ini juga berlaku bagi struktur organisasi: sebuah diagram organisasional dapat menyampaikan banyak informasi dalam bentuk yang jelas dan ringkas.
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Panduan Tips Microsoft Word lainnya..