Bagaimana lock cell di spreadsheet
Tips bagaimana cara lock cell di spreadsheet pada spreadsheet seperti di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Kamis, 2 Januari 2025
Mengunci sel di spreadsheet berguna agar data tertentu tidak bisa diubah oleh orang lain. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunci sel di aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Google Sheets.
Microsoft Excel
-
Buka File Excel
- Pastikan kamu sudah membuka file Excel yang ingin kamu kunci selnya.
-
Pilih Sel atau Rentang yang Dikunci
- Klik dan seret mouse untuk memilih sel atau rentang sel yang ingin kamu kunci.
-
Akses Menu Format Sel
- Klik kanan pada sel yang dipilih.
- Pilih opsi “Format Cells”.
-
Aktifkan Proteksi pada Sel
- Di jendela Format Cells, pergi ke tab “Protection”.
- Centang opsi “Locked”.
- Klik “OK”.
-
Lindungi Seluruh Lembar Kerja
- Arahkan ke tab “Review” di menu Excel.
- Klik “Protect Sheet”.
- Kamu bisa memasukkan password untuk proteksi tambahan (opsional).
- Klik “OK”.
Google Sheets
-
Buka Google Sheets
- Pastikan kamu sudah membuka file Google Sheets yang ingin kamu kunci selnya.
-
Pilih Sel atau Rentang yang Dikunci
- Klik dan seret mouse untuk memilih sel atau rentang sel.
-
Akses Menu Pelindung Rentang
- Klik kanan pada sel yang dipilih.
- Pilih “Protect range”.
-
Atur Proteksi
- Di panel yang muncul di sebelah kanan, pilih “Set Permissions”.
- Tentukan siapa yang bisa mengedit sel tersebut atau cukup pilih “Only you” untuk mengunci.
- Klik “Done”.
Dengan langkah-langkah ini, kamu bisa dengan mudah mengunci sel dalam aplikasi spreadsheet dan menjaga data dari pengeditan yang tidak diinginkan.
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Tips Spreadsheet/Excel lainnya..