Bagaimana mengunci baris di spreadsheet
Tips bagaimana cara mengunci baris di spreadsheet pada spreadsheet seperti di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Senin, 13 Januari 2025
Mengunci baris di spreadsheet berguna agar informasi penting tetap terlihat saat kamu menggulir lembar kerja. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengunci baris di Microsoft Excel atau Google Sheets:
Persiapan
- Buka Spreadsheet
- Buka file spreadsheet tempat kamu ingin mengunci baris.
Mengunci Baris di Microsoft Excel
-
Pilih Baris Pertama
- Klik nomor baris di sisi kiri untuk memilih baris pertama yang ingin kamu kunci.
-
Buka Menu Tampilan
- Di bagian atas, klik pada tab “View” (Tampilan).
-
Pilih Freeze Panes
- Klik pada opsi “Freeze Panes” (Kunci Pane).
Opsi Freeze yang Tersedia
- Freeze Top Row: Mengunci baris pertama.
- Freeze Panes: Mengunci baris yang dipilih serta semua yang ada di atasnya.
-
Selesai
- Sekarang baris yang kamu pilih akan tetap terlihat saat kamu menggulir ke bawah.
Mengunci Baris di Google Sheets
-
Pilih Baris Pertama
- Klik nomor baris di samping lembar untuk memilih baris pertama yang ingin kamu kunci.
-
Buka Menu Lihat
- Di bagian atas, klik pada tab “View” (Lihat).
-
Pilih Freeze
- Pilih opsi “Freeze” (Kunci).
Opsi Freeze yang Tersedia
- 1 Row: Mengunci baris pertama.
- 2 Rows atau lebih: Jika kamu ingin mengunci lebih dari satu baris, sesuaikan pilihan ini.
-
Selesai
- Baris yang kamu pilih akan tetap berada di bagian atas saat kamu menggulir ke bawah.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menjaga informasi penting tetap terlihat di spreadsheet.
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Tips Spreadsheet/Excel lainnya..