Bagaimana merge cell di spreadsheet
Tips bagaimana cara merge cell di spreadsheet pada spreadsheet seperti di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Rabu, 8 Januari 2025
Untuk menggabungkan beberapa sel di spreadsheet, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
Langkah-langkah Menggabungkan Sel
-
Buka Spreadsheet Kamu
- Pertama, buka file spreadsheet yang ingin kamu edit. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Microsoft Excel, Google Sheets, atau lainnya.
-
Pilih Sel yang Akan Digabungkan
- Klik dan seret kursor kamu untuk memilih sel-sel yang ingin digabungkan. Sel yang dipilih akan terlihat dengan garis tegas di sekitarnya.
-
Cari Opsi Gabung Sel
- Di toolbar atas, cari opsi yang bertuliskan “Gabung & Pusatkan” atau “Merge Cells”.
-
Klik Opsi Gabung Sel
- Setelah menemukannya, klik opsi tersebut untuk menggabungkan sel-sel yang telah kamu pilih.
-
Periksa Hasilnya
- Pastikan sel telah tergabung seperti yang kamu inginkan. Teks atau angka biasanya akan berpindah ke tengah sel yang digabungkan.
Tips Tambahan
- Jangan lupa bahwa menggabungkan sel bisa menyebabkan kehilangan data di sel lainnya. Biasanya, hanya data di sel paling kiri atas yang tersisa.
- Jika kamu ingin membatalkan penggabungan, pilih sel tersebut dan gunakan fungsi “Batal Gabung” atau “Unmerge Cells” dari menu yang sama.
Cukup mudah, bukan? Sekarang kamu dapat mengatur data di spreadsheet-mu dengan lebih fleksibel!
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Tips Spreadsheet/Excel lainnya..