Bagaimana merge and center di spreadsheet
Tips bagaimana cara merge and center di spreadsheet pada spreadsheet seperti di Microsoft Excel atau Google Spreadsheet. Panduan dalam bahasa Indonesia.
Ditulis pada Minggu, 8 Desember 2024
Cara Menggabungkan dan Memusatkan (Merge and Center) Sel di Spreadsheet
Untuk menggabungkan dan memusatkan sel di spreadsheet, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:
-
Buka Spreadsheet
- Buka aplikasi spreadsheet yang biasa kamu gunakan (seperti Microsoft Excel, Google Sheets, atau LibreOffice Calc).
-
Pilih Sel yang Ingin Digabungkan
- Sorot atau pilih sel-sel yang ingin kamu gabungkan. Misalnya, pilih sel dari A1 hingga C1 jika kamu ingin menggabungkan tiga sel tersebut.
-
Cari Opsi ‘Merge & Center’
- Pada toolbar, cari opsi ‘Merge & Center’. Biasanya, opsi ini ada di tab ‘Home’ atau ‘Beranda’.
-
Klik ‘Merge & Center’
- Klik tombol ‘Merge & Center’. Sel-sel yang kamu pilih akan digabungkan menjadi satu sel yang lebih besar dan teks di dalamnya akan dipusatkan secara otomatis.
-
Pastikan Hasilnya Sesuai
- Periksa apakah sel-sel sudah digabung dan teks sudah dipusatkan sesuai keinginanmu.
-
Atur Ulang Jika Dibutuhkan
- Jika hasil tidak sesuai, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas atau membatalkan penggabungan dengan memilih ‘Undo’ atau menggunakan shortcut
Ctrl
+Z
.
- Jika hasil tidak sesuai, kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas atau membatalkan penggabungan dengan memilih ‘Undo’ atau menggunakan shortcut
Dengan langkah-langkah tersebut, kamu dapat dengan mudah menggabungkan dan memusatkan sel di spreadsheet. Selalu pastikan data di dalam sel yang tidak terhapus sebelum menggabungkan.
⚡ Bikin Konten Cepat
Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang
X📚 Tips Spreadsheet/Excel lainnya..