Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk cara membuat diagram

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan cara membuat diagram pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Selasa, 27 Juni 2023 • Diupdate pada Selasa, 27 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk cara membuat diagram

Cara Membuat Diagram di Excel

Berikut adalah langkah-langkah membuat diagram di Excel:

1. Siapkan Data

Pertama, kamu perlu mempersiapkan data yang akan dibuat menjadi diagram. Cukup ketik data secara manual dalam bentuk tabel. Misalnya, rincian penjualan produk dalam sebulan.

2. Pilih Data

Setelah data siap, pilih semua data yang akan dijadikan diagram. Cara memilihnya adalah klik dan tahan pada cell kemudian geser mouse ke semua area yang ingin dipilih.

3. Buka Tab ‘Insert’

Setelah data dipilih, buka tab ‘Insert’ yang berada di toolbar bagian atas.

4. Pilih Diagram

Dalam tab ‘Insert’, klik pada ikon ‘Chart’. Kemudian pilih jenis diagram yang sesuai dengan data dan informasi yang ingin ditampilkan. Diagram yang bisa dipilih diantaranya adalah bar, pie, line, dan lain-lain.

5. Atur Detail Diagram

Setelah memilih jenis diagram, atur detail diagram seperti judul, label sumbu, dan warna. Anda bisa melakukan ini dengan mengklik kanan pada diagram dan memilih ‘Format Chart’.

6. Simpan dan Selesaikan

Setelah semua detail telah diatur sesuai keinginan, klik ‘OK’ untuk menerapkan perubahan. Diagram sekarang harus muncul di Excel dengan data yang sudah kamu pilih.

Kenapa belajar cara membuat diagram ini penting?

Menguasai cara membuat diagram di Excel sangat penting maka dari itu perlu dipelajari. Pertama, diagram adalah alat bantu yang efektif untuk memvisualisasikan data. Dengan diagram, data yang rumit dan sulit dipahami bisa disederhanakan dan lebih mudah dipahami. Misalnya, penjualan bulanan sebuah produk bisa diplot dalam diagram batang, sehingga trend penjualan bisa terlihat dengan jelas.

Kemudian, kemampuan ini juga penting dalam dunia kerja. Banyak pekerjaan, terutama yang berhubungan dengan data dan analisis, memerlukan kemampuan membuat diagram. Misalnya, seorang analis data perlu membuat banyak diagram untuk mempresentasikan hasil analisisnya. Oleh karena itu, memahami cara membuat diagram di Excel akan membantu kamu dalam berbagai aspek, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat grafik
  • cara membuat kolom
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print excel agar tidak terpotong
  • cara print
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • penjumlahan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup