Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk cara print excel agar tidak terpotong

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan cara print excel agar tidak terpotong pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Jumat, 23 Juni 2023 • Diupdate pada Jumat, 23 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk cara print excel agar tidak terpotong

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam mencetak data Excel sehingga data yang Anda miliki tidak terpotong.

1. Buka Excel

Langkah pertama dan paling sederhana adalah membuka Microsoft Excel dan mengakses dokumen Excel yang ingin Anda cetak.

2. Atur Layout Halaman

Setelah membuka dokumen, selanjutnya klik tab Page Layout yang ada di menu atas.

3. Pilih Ukuran Kertas

Pada salah satu kelompok dalam tab Page Layout ada pilihan untuk mengatur ukuran kertas. Pastikan Anda memilih ukuran kertas yang sesuai dengan kertas yang ada pada printer.

4. Atur Orientasi Halaman

Selanjutnya adalah mengatur apakah Anda ingin mencetak dalam bentuk Portrait atau Landscape, tergantung pada kebutuhan. Anda bisa menemukan pengaturan ini di tab Page Layout yang sama.

5. Tentukan Area Cetak

Sebelum mencetak, Anda harus menentukan area apa yang akan dicetak. Anda bisa menemukan pengaturan ini di tab Page Layout, lalu klik Print Area, setelah itu pilih Set Print Area. Dengan begitu, Excel akan mencetak area yang telah Anda tentukan sebelumnya.

6. Cetak Dokumen

Langkah terakhir adalah mencetak dokumen dengan menekan Control + P di keyboard Anda, atau Anda bisa juga pergi ke File, lalu pilih Print. Sebelum mencetak, pastikan Anda melihat Print Preview terlebih dahulu untuk memastikan dokumen Anda tidak terpotong.

Kenapa belajar “cara print excel agar tidak terpotong” ini penting?

Mempelajari cara mencetak dokumen Excel dengan benar sangat penting karena hal ini bisa sangat mempengaruhi hasil cetakan Anda. Banyak orang yang merasa frustasi ketika cetakan mereka ternyata terpotong atau tidak sesuai dengan yang mereka lihat di layar komputer. Dengan mempelajari cara ini, Anda bisa menghindari kesalahan tersebut dan mendapatkan hasil cetak yang lebih baik dan profesional.

Selain itu, jika Anda sering mencetak dokumen Excel untuk keperluan pekerjaan atau studi, maka pengetahuan ini bisa menjadi sangat berharga. Anda bisa menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan atau preferensi Anda, dan pastinya Anda tidak perlu membuang-buang waktu dan kertas karena hasil cetak yang tidak sesuai atau terpotong.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat diagram
  • cara membuat grafik
  • cara membuat kolom
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • penjumlahan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup