Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk penjumlahan

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan penjumlahan pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Minggu, 11 Juni 2023 • Diupdate pada Minggu, 11 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk penjumlahan

Cara Menggunakan Rumus Penjumlahan di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program yang sangat berguna dalam mengerjakan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan angka dan teks. Salah satu fungsi dasar yang harus dikuasai oleh pengguna Excel adalah rumus penjumlahan. Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk melakukan penjumlahan di Excel.

Langkah 1: Membuka lembar kerja Excel

Buka program Microsoft Excel pada komputer Anda dan buka lembar kerja baru.

Langkah 2: Mengisi data

Masukkan data yang ingin dijumlahkan ke dalam sel-sel pada lembar kerja. Misalnya, untuk menjumlahkan angka 5 dan 6, ketikkan angka 5 pada sel A1 dan angka 6 pada sel A2.

Langkah 3: Memulai rumus penjumlahan

Pilih sel tempat Anda ingin hasil penjumlahan ditampilkan. Misalnya, kita akan menampilkan hasil penjumlahan di sel A3. Klik sel A3, lalu ketik tanda sama dengan (=)

Langkah 4: Menambahkan sel yang diinginkan

Setelah mengetikkan tanda sama dengan, Anda akan melihat jendela rumus di bagian atas lembar kerja. Sekarang klik sel A1 - angka 5 akan muncul dalam jendela rumus.

Langkah 5: Memasukkan tanda tambah

Setelah angka 5 dalam jendela rumus, ketik tanda tambah (+) di jendela rumus.

Langkah 6: Menambahkan sel kedua

Klik sel A2. Angka 6 akan muncul dalam jendela rumus dan rumus saat ini akan terlihat seperti ini: =A1+A2.

Langkah 7: Menghitung hasil penjumlahan

Tekan tombol Enter pada keyboard untuk menghitung hasil penjumlahan dari angka 5 dan 6. Hasil penjumlahan akan ditampilkan di sel A3.

Kenapa rumus penjumlahan ini penting?

Rumus penjumlahan di Excel sangat penting karena merupakan dasar dalam menggunakan aplikasi tersebut. Dalam kegiatan sehari-hari baik untuk pekerjaan maupun kegiatan akademis, kita seringkali dihadapkan dengan pekerjaan yang memerlukan penjumlahan angka. Selain itu, dengan menguasai rumus penjumlahan ini, pengguna juga bisa mengembangkan kemampuannya dalam mengoperasikan Excel untuk fungsi yang lebih kompleks.

Penguasaan rumus penjumlahan di Excel akan membantu pengguna dalam menghemat waktu dan usaha karena tidak perlu menghitung secara manual. Fitur ini akan semakin berguna ketika kita harus menjumlahkan angka dalam jumlah yang sangat besar. Excel menjadi alat yang sangat efisien yang membantu pengguna untuk menerapkan penjumlahan dalam berbagai situasi dan membuat proses lebih cepat dan mudah.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat diagram
  • cara membuat grafik
  • cara membuat kolom
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print excel agar tidak terpotong
  • cara print
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup