Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk cara membuat grafik

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan cara membuat grafik pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Kamis, 15 Juni 2023 • Diupdate pada Kamis, 15 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk cara membuat grafik

Cara Membuat Grafik di Excel

Excel adalah perangkat lunak yang populer digunakan dalam pemrosesan data untuk berbagai kepentingan, baik bisnis, pendidikan, maupun penelitian. Salah satu fungsi Excel yang paling banyak digunakan adalah untuk membuat grafik. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat grafik di Excel.

Persiapan Data

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer Anda.
  2. Setelah aplikasi terbuka, siapkan data yang ingin Anda visualisasikan dalam grafik. Data dapat berupa apa saja seperti penjualan harian, jumlah pelanggan per bulan, hasil survei, dan lain sebagainya. Pastikan data diatur dalam bentuk tabel yang rapi.

Membuat Grafik

  1. Setelah data siap, klik dan tahan mouse di sel pertama data Anda, kemudian seret hingga sel terakhir data Anda. Jika sel Anda tersebar, Anda bisa menggunakan tombol Ctrl untuk memilih sel yang tidak bersebelahan.
  2. Pada toolbar bagian atas, klik pada menu "Insert".
  3. Kemudian, pada baris toolbar baru yang muncul, Anda akan melihat beberapa tipe grafik yang bisa dipilih. Pilih tipe grafik yang sesuai dengan data Anda. Misalnya, untuk data penjualan harian bisa memilih grafik batang atau grafik garis.
  4. Setelah Anda klik tipe grafik tersebut, Excel akan secara otomatis membuatkan grafik berdasarkan data yang Anda pilih.
  5. Kemudian, Anda cukup menyesuaikan tampilan grafik seperti warna, judul grafik, judul sumbu x dan y, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Menyesuaikan Grafik

  1. Untuk melakukan penyesuaian tampilan, Anda tinggal klik pada bagian grafik yang ingin diubah kemudian sesuaikan di menu yang muncul di sebelah kanan layar.
  2. Jika grafik sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa menyimpan dokumen Excel tersebut. Jika ingin mengekspor grafik tersebut ke dalam file gambar atau PDF bisa menggunakan fitur "Save as" dan pilih tipe file yang diinginkan.

Selamat, sekarang Anda telah berhasil membuat grafik Excel!

Kenapa Belajar “Cara Membuat Grafik” Ini Penting?

Penggunaan infografis dan visualisasi data dalam bentuk grafik saat ini semakin populer. Grafik dapat membantu memahami data dengan lebih efektif dan efisien. Untuk itu, mempelajari cara membuat grafik di Excel merupakan suatu keahlian yang penting.

Menguasai cara membuat grafik di Excel juga bisa membantu Anda dalam membuat laporan, presentasi, atau analisis bisnis yang lebih informatif dan menarik untuk disajikan. Serta, dengan pengetahuan ini, Anda tidak hanya berhenti pada membuat grafik yang standar, namun dapat bereksperimen dengan berbagai jenis grafik dan penyesuaian tampilan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat diagram
  • cara membuat kolom
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print excel agar tidak terpotong
  • cara print
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • penjumlahan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup