Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk cara membuat kolom

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan cara membuat kolom pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Kamis, 15 Juni 2023 • Diupdate pada Kamis, 15 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk cara membuat kolom

Panduan Cara Membuat Kolom di Excel

Microsoft Excel merupakan perkakas yang sangat berguna untuk mengelola data dan melakukan perhitungan sehingga akan mempermudah pekerjaan kita. Salah satu fungsionalitas yang terdapat dalam Excel adalah pembuatan kolom. Membuat kolom pada Excel sangat membantu untuk membagi data menjadi beberapa bagian yang tersusun rapi. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kolom di Excel.

Langkah 1: Membuka Microsoft Excel

Buka aplikasi Microsoft Excel di komputer atau laptop Anda. Selanjutnya buka workbook baru atau file Excel yang sudah ada yang ingin Anda tambahkan kolom.

Langkah 2: Menentukan Lokasi Kolom

Tentukan di mana posisi kolom yang ingin Anda buat. Jika Anda ingin menambahkan kolom di sebelah kiri kolom yang sudah ada, pilihlah kolom tersebut.

Langkah 3: Menambahkan Kolom

Klik kanan pada kolom yang sudah Anda pilih sebelumnya, kemudian pilih ‘Insert’. Kolom baru akan ditambahkan di sebelah kiri dari kolom yang Anda pilih.

Langkah 4: Mengisi Kolom

Setelah kolom baru berhasil dibuat, Anda bisa langsung mengisi kolom tersebut dengan data yang diinginkan.

Langkah 5: Menyimpan Workbook

Setelah menambahkan dan mengisi kolom, jangan lupa menyimpan workbook Excel Anda untuk menghindari kehilangan data.

Kenapa belajar “cara membuat kolom” ini penting?

Pembelajaran cara membuat kolom sangatlah penting karena kolom merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah tabel pada Excel. Kolom berfungsi untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori. Jadi, pemahaman dalam pembuatan kolom menjadi dasar dalam penggunaan Excel.

Selengkapnya, jika Anda menguasai teknik pembuatan kolom di Excel, Anda dapat lebih terampil dan fleksibel dalam mengelola data. Anda bisa menambahkan kolom baru untuk menganalisis data lebih lanjut, mengubah urutan kolom, atau bahkan menghapus kolom yang tidak perlu. Oleh karena itu, belajar tentang cara membuat kolom di Excel adalah suatu keharusan untuk siapa pun yang ingin efektif menggunakan Excel.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat diagram
  • cara membuat grafik
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print excel agar tidak terpotong
  • cara print
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • penjumlahan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup