Logo WarungCopy

WarungCopy

Rumus Excel untuk cara print

Bagaimana cara mencari atau mendapatkan cara print pada Microsoft spreadsheet Excel ? Panduan dalam bahasa Indonesia.

Ditulis pada Kamis, 8 Juni 2023 • Diupdate pada Kamis, 8 Juni 2023

ilustrasi Rumus Excel untuk cara print

Panduan Cara Print di Excel

Excel merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah data dalam jumlah yang besar. Namun, terkadang kita perlu untuk mencetak data tersebut dalam bentuk hardcopy. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mencetak dokumen di Excel.

Langkah 1: Membuka Dokumen Excel

1. Buka aplikasi Microsoft Excel di laptop atau komputer Anda. 2. Pilih dan buka dokumen yang ingin Anda cetak.

Langkah 2: Menyiapkan Laman untuk Dicetak

1. Setelah dokumen dibuka, klik pada tab ‘Page Layout’ yang ada di ribbons bagian atas. 2. Di sini Anda dapat mengatur ukuran kertas dan orientasi laman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, untuk mencetak dokumen Excel, ukuran kertas yang digunakan adalah A4 dan orientasi laman adalah ‘Landscape’.

Langkah 3: Menentukan Area yang Ingin Dicetak

1. Jika Anda tidak ingin mencetak seluruh data dalam lembar kerja, Anda perlu menentukan area yang ingin dicetak. 2. Anda cukup menyorot area yang ingin dicetak, lalu klik pada tab ‘Page Layout’ dan pilih ‘Print Area’.

Langkah 4: Mencetak

1. Setelah menyiapkan laman dan menentukan area yang dicetak, klik pada tab ‘File’ di pojok kiri atas. 2. Pilih ‘Print’. 3. Anda dapat mengatur jumlah salinan dan pilih printer yang akan digunakan. 4. Klik ‘Print’ dan tunggu proses pencetakan selesai.

Kenapa Belajar Cara Print ini Penting?

Mampu mencetak dokumen di Excel adalah keahlian yang sangat penting, terutama bagi mereka yang sering berurusan dengan data dan laporan kerja. Melalui proses pencetakan, kita bisa memiliki hardcopy dari dokumen Excel yang bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan, baik itu untuk keperluan rapat, presentasi, atau sekadar dokumentasi fisik. Selain itu, cara print di Excel yang tepat juga membantu kita untuk menghemat kertas karena kita dapat menentukan area yang spesifik untuk dicetak, tidak perlu mencetak seluruh lembar kerja. Kemahiran ini juga akan membantu Anda dalam mengerjakan tugas dengan lebih efisien dan efektif.

⚡ Bikin Konten Cepat

Menulis konten sosial media, blog dan bikin gambar jadi lebih cepat dengan bantuan AI. Coba WarungCopy sekarang

X

📚 Panduan Rumus Excel lainnya..

  • Akar
  • AND
  • AREAS
  • Average
  • Cagr
  • cara convert excel ke CSV
  • cara convert excel ke PDF
  • cara copy paste
  • cara copy rumus excel ke bawah
  • cara copy rumus
  • cara enter (baris baru)
  • cara freeze
  • cara membuat ceklis
  • cara membuat chart
  • cara membuat diagram batang
  • cara membuat diagram
  • cara membuat grafik
  • cara membuat kolom
  • cara membuat laporan keuangan
  • cara membuat pilihan
  • cara membuat rumus
  • cara membuat struktur organisasi
  • cara membuat tabel
  • cara membuka excel yang terkunci
  • cara membulatkan angka
  • cara memindahkan excel ke word
  • cara memindahkan tabel excel ke word
  • cara memisahkan kata
  • cara memunculkan sheet
  • cara menambah kolom
  • cara mencari nama
  • cara mencari persentase
  • cara menghapus kolom
  • cara menghilangkan garis
  • cara menghitung persen
  • cara menghitung persentase
  • cara menghitung rata rata
  • cara mengubah pdf ke excel
  • cara mengunci rumus
  • cara mengurutkan abjad
  • cara mengurutkan data
  • cara mengurutkan nomor
  • cara menjumlahkan
  • cara merubah huruf kapital
  • cara print excel agar full kertas a4
  • cara print excel agar tidak terpotong
  • cara unhide kolom
  • CEILING
  • CHOOSE
  • CONCATENATE
  • COUNTA
  • Countif
  • Dasar
  • DAYS
  • Diskon
  • FLOOR
  • Grade
  • growth
  • HLOOKUP
  • Huruf besar
  • Huruf kapital
  • If mengandung
  • If
  • interpolasi
  • Jumlah data
  • Jumlah total
  • jumlah
  • Kali
  • Konversi angka ke huruf
  • kuadrat
  • LEN
  • log
  • Lulus atau tidak lulus
  • match
  • max
  • Mean
  • median
  • Menambah kata tanpa mengetik ulang
  • menghitung jumlah karakter
  • menghitung jumlah kata yang sama
  • menghitung jumlah kata
  • Menghitung umur
  • mengurutkan
  • cara menyimpan wordbook
  • Mid
  • min
  • modus
  • Multiple If
  • Nilai tengah
  • Nilai terendah
  • Nilai tertinggi
  • NOT
  • OR
  • Pajak
  • pembagian
  • Pembulatan
  • Pengurangan
  • penjumlahan
  • peringkat
  • perkalian
  • Persen
  • Pivot
  • PPN 11 persen
  • predikat
  • Presentase
  • PROPER
  • range
  • Ranking
  • Rata rata
  • replace
  • saldo
  • Simpangan baku
  • Standar deviasi
  • subtotal
  • sum
  • Sumif
  • tambah
  • Tanggal hari ini
  • tanggal otomatis
  • tanggal
  • Terbilang
  • total
  • TRIM
  • Upper
  • Vlookup